> a) Pernahkah kita tidak dijajah?

Satrio: *** Penjajahan adalah juga soal sikap mental. Marilah
kita renungkan bersama, apakah bangsa ini betul-betul
bersikap mental sebagai ORANG YANG MERDEKA????

====> marilah kita jawab bersama sebagai suatu bangsa. kalau
jawabannya "belum", mengapa?

> b) Mungkinkah kita tidak dijajah?

Satrio: *** Mengapa tidak? Kalau Anda percaya bahwa Anda tidak
bisa lepas dari penjajahan, ini merupakan bukti
terkuat bahwa sikap mental Anda betul-betul sudah
terjajah. Anda bukan orang yang berjiwa merdeka!

====> Siapa yang percaya kita tak bisa lepas dari penjajahan?
Siapakah diantara kita yang mempunyai mental merdeka? merdeka dari
siapa? Dibawah bung Karno, rakyat merdeka? dibawah Suharto, rakyat
merdeka? dibawah Megawati, kita merdeka? rakyat merdeka terhadap
kekuasaan birokrasi? kekuasaan konglomerat? kekuasaan perusahaan2
global? anda percaya?

> c) kalau mungkin, siapa yang memerintah kita (tanpa
> menjajah)?

Satrio: *** KITA SENDIRI yang menentukan. BUKAN dipilihkan
atau ditunjuk oleh pihak lain untuk kita. Itu artinya,
kita tidak terjajah bukan?

====> Mengapa tidak kita tentukan sekarang? Ditunjuk pihak lain.
Siapakah pihak lain? Anda siap? rakyat siap? pemimpin kita siap?
mengapa menunggu?

> Mengikuti mas Thukul:
>
> a) pernahkah kita melawan? Siapakah yang kita lawan?

Satrio: *** Minimal Mas Wiji Thukul sudah melawan rezim
Suharto, sehingga sampai sekarang mayatnya hilang tak
ditemukan (saya menduga dia sudah dibunuh!)

====> Lalu? kita sekarang merdeka? tambah atau kurang merdeka? Rezim
Suharto sudah selesai.Kita merdeka sekarang?

> b) siapakah yang kita akan lawan?

> c) siapakah lawan kita?
Satrio: *** Kita melawan kebodohan, kemiskinan, ketertindasan,
ketidakadilan, dll...dll... serta mereka yang
membiarkan (bahkan menyebabkan secara
sengaja)kondisi-kondisi tsb...

====> Siapa mereka "yang membiarkan kondisi kondisi itu"?
SBY? J.Kalla? Golkar? ABRI? Konglomerat? Birokrasi? Anggauta DPRR?

> Mohon pencerahan
>
> Danardono

Satrio:*** Saya belum pantas memberi pencerahan...

====> Lalu, siapa yang mau mencerahkan kita berdua? PDIP? PPP?
Partai Demokrat? PKB? PBB?

Tetap bingung

danardono