> --- In ppiindia@yahoogroups.com, "Arriko Indrawan"
> dari langit (seolah2 Tuhan yang nulis di langit), mana ada sejarah
> penulisannya oleh tangan manusia?  Bukankah ini bukti ada masalah
> dalam reading comprehension sampeyan dalam memaknai AlQur'an bagi
> umat Islam? Yang sering diklaim oleh umat Islam tentang AlQur'an
> yg "mak kedebuk" itu adalah cara penyampaian wahyu dari Allah SWT
> kepada Muhammad SAW via malaikatNya Jibril. Dan memang AlQur'an
> bukan hasil permenungan manusia dan bukan buku kisah perjalanan
> manusia...makanya saya katakan AlQur'an tak bisa disejajarkan
Bible,
> dan makanya saya katakan juga metodologi yang ditawarkan para
> orientalis itu menjadi kebablasan.
> ==============
>
> AR: Ya, Itu yg  saya maksud "mak Kedebuk"...
> Percaya bahwa semua yg tertulis di Alquran semuanya dari Allah.
Kalaupun > itu> wahyu Allah dan malaikat yg "mendongengkan",
Muhamad, si penerima wahyu sbg> manusia, juga mempunyai keterbatasan
pemahaman, massa, waktu dan tempat.
> Belum lagi, kemampuan yg menulis pada gading or daun lontar.
> Apakah hal tsb jg bukan termasuk sbg buah permenungan?

Permenungan siapa? Muhammad SAW sebagai penerima wahyu gak perlu
merenung, dia panggil seorang sahabatnya untuk menulis wahyu yang
baru ia dapat.

keterbatasan masa & waktu siapa? wahyu tersebut ditulis dan
dikumpulkan SELAMA Muhammad SAW masih hidup kok? Jadi still under
his control (bandingkan dengan Bible). Orang Arab pada masa itu
terkenal penghafal yang baik.

Tempat dimana? orang gak dibawa kemana-mana?

Jaman dahulu orang arab ahlinya menulis didaun lontar dan gading kok?

> [...]
> ditulis dalam kurun waktu yang sangat panjang, dari sources yang
> alamak banyaknya dari penulis yang tak dikenal...lalu dikatakan
> suci....
> ********************
> AR : Tradisi masyarakat saat itu adlh tradisi lisan.
> Dlm tradisi lisan, sdh pasti ada penuturnya donk, cuma bukan org
byran> yg disuruh ngapalin.
> Penulisan sebuah kitab memerlukan waktu yg lama dan biaya yg besar
> krn teknologi percetakan msh sangat primitif.
> Penulisnya pun sudah tentu orang yg punya keahlian tinggi pada
saat itu.> Percetakan massal baru dapat dilakukan pada abad ke 17.

> Makanya, kitab / buku pd masa tsb sangat langka dan penulisnya tdk
> diketahui.> Jadi, Kesaksian yg berkembang kala itu adlh lisan dan
penulisan Kitab suci> adlh sbg satu upaya untuk melestarikan tradisi
lisan.

> Simple aja koq... mau percaya atau tdk? terserah..itu aja...

Lina: Saya percaya kok kalau penulisan Bible itu adalah tradisi
lisan yang dari mulut ke mulut kayak dongeng dan legenda kan dan
selama ratusan tahun?. Sampeyan berani bilang ada penuturnya?  Coba
tunjukkan pada saya siapa saja atau paling engga bisa saya baca
dimana? Nanti ya kalau saya masih simpan filenya dimana dijelaskan
pada encyclopedia apa yg menjelaskan bhw bbrp penulis Bible saja tak
dikenal, apalagi pendongengnya?

Kalo penulis itu or pendongeng itu seorang penipu, lalu dongengannya
dikanonkan menjadi kitab suci, apa gak kebablasan?

Kalau dalam kitab murahan diceritakan bahwa seorang nabi telah
berzinah kepada anaknya sendiri itu, saya masih bisa toleran tapi
kalau dalam sebuah kitab yang dianggap suci mendongengkan seorang
nabi (manusia pilihan Tuhan)berzinah, menyembah berhala...saya
sangat tidak toleran...ada yang gak beres pada penulis2 dan
pendongeng atau panitia yang mengkanonkan cerita begitu dimasukkan
kedalam kitab suci. Saya ini kan beriman kepada Injil juga, saya
jadi gak rela kalo Injil itu dinodai dgn cerita2 macam gitulah...

Coba deh suruh pendetamu baca didepan gereja keras-keras ayat2 yang
bercerita tentang pornografi gak senonoh gitu, berani gak?

> [...]
> ******************
> AR : dengan keterbatasannya, manusia mencoba
> mendefinisikan Allah. Definisi manusia tentang Allah dari masing-
> masing agama bila diibaratkan adalah bagai air samudra luas yg
> ditampung di dalam ember... Hanya berupa sample dari populasi yg
> luar biasa banyaknya....Otak manusia dan perjalanan hidup manusia
> juga hanyalah seember air di tengah samudra....
> Makanya pemahaman ttg Allah ada persamaan dan perbedaannya, karena
> terkait dg pengalaman iman pada suatu massa, waktu dan tempat.
> Konsep trinitas juga terkait dengan hal ini.

Lina: Sekali lagi sampeyan bersembunyi dibalik keterbatasan manusia
dan hanya mencopy-pastekan jawaban terdahulu tanpa menjawab
pertanyaan saya soal tidak adanya keterbatasan pada konsep trynity.
Namanya saja "trinity" sudah menunjukkan keterbatasan.

Sekarang pertanyaannya saya balik aja deh:,"Pencipta trinitas itu
apa pikirannya gak terbatas...kok bisa2nya mendefinisikan Allah
kayak gitu?" Jadi pengalaman orang pencipta trinity itu kah yang
sampeyan pakai untuk landasan keimanan sampeyan?

> [...]
> juga hanyalah seember air di tengah samudra....
>
> Makanya pemahaman ttg Allah ada persamaan dan perbedaannya, karena
> terkait dg pengalaman iman pada suatu massa, waktu dan tempat.
>
> LD: lalu dimana iman sampeyan pada konsep YESUS sbg Allah semesta
> alam, yang memberi hujan? Jelas tak akan habis membicarakan soal
> Allah dan ilmu2 Allah lainnya, tapi bicara soal Yesus...hmmm...he
is
> only a human being. Jadi jangan kata2 itu dijadikan tempat
> bersembunyi ketidakmampuan sampean dalam menjelaskan Yesus sbg
Allah
> semesta alam yang memberi hujan, yang memberi rejeki, yang
> menciptakan alam semesta dan isinya (termasuk manusia: Itu artinya
> Yesus menciptakan manusia?)
> *********************
> AR : Pemikiran keblinger...Kalo nggak paham iman orang lain,
> jangan bikin kesimpulan sendiri.
> Salah satu bunyai Syahadat Iman Para Rasul Kristen adlh sbb :
> "Aku percaya akan Allah, Bapa yg Maha Kuasa Pencipta langit dan
bumi
> dan akan Yesus Kristus, PutraNya yg tunggal Tuhan kita."
>
> Sudah jelas siapa yg mencipta?

Perhatikan, saya tidak berkesimpulan tapi bertanya ttg iman konsep
Yesus sbg Tuhan...Mengenai bunyi syahadat Iman Para Rasul Kristen
itu, apa beda "Allah" yang merujuk kpd Bapa dengan "Tuhan" yang
merujuk kpd Yesus?.

> [...]
> faham ini bergeser ke arah yang sangat filosofis.
> ===========
> AR: Itu kalo mau berpikir negatif... Kalo dengan pola pikir negatif
> juga maka..
>
> LD: Itu fakta sejarah, sayang...baca buku sejarah dunia tentang
> sejarah turunnya agama2 dunia.
>
> *******************
> AR : Betul itu fakta sejarah, tinggal bagaimana cara melihatnya,
khan?
> Hal tsb berkaitan dengan politik kerajaan Romawi,
> Lagian tdk ada kaitannya dengan konsep Trinitas.. ya koq dikait-
kaitkan..

Lina: umat/isme Athaneus yang dibunuh itu tidak percaya akan
trinitas. Gimana gak ada kaitannya sih? Konsili itulah akhirnya yang
menetapkan kepercayaan trinitas itu. Jadi sejarah membuktikan, bukan
my negative thinking. Memang tinggal bagaimana melihatnya, taken for
granted gak? Kalau saya tak pernah taken for granted for everthing
in the beginning...

> [...]
> Berdasarkan mushaf asli itu lah, AlQur'an ditulis dan diperbanyak
> dan segera disebar luaskan keseluruh jazirah arab dengan perintah
> mushaf yang berbeda dari yang telah ditulis di jaman nabi hidup
itu,
> dibakar...biar gak ada versi-versian para kepala suku.... Para
> khalifah itu sudah aware akan kejahilan2 manusia yang telah
menguyek-
> uyek Bible. (Ini berdasarkan buku Islamologi karangan Maulana M.
> Ali, penerbit Darul Kutubi Islamiyah)
> *****************************
> AR : Ups! nanti dulu. Simak dulu bacaan ini :

Lina: Maaf saya hapus artikel Luthfi Asyaufkanie (seorang dari JIL)
spy spacenya gak kepanjangan. Artikel itu juga sudah banyak
ditanggapi, tapi nanti saya bahas terpisah.

Apa yang sampeyan tangkap dari tulisan Luthfi tsb dengan konteks
pembicaraan diatas ini? Uenakan membandingkan dua pendapat yang
alirannya saling bersebrangan? Kita akan dapatkan hikmahnya.
Apakah intinya berbeda dengan yang saya ringkaskan dari buku
Islamologi?

> [...]
> bukanlah seperti yg anda paparkan. Bagaimana terbentuknya, mungkin
> bisa dilihat pada cuplikan di bawah ini...
>
> The New Encyclopedia Britannica menulis:
>
> "Neither the word Trinity, nor the explicit doctrine as such,
> appears in the New Testament, nor did Jesus and his followers
intend
> to contradict the Shema in the Old Testament: 'Hear, O Israel: The
> Lord our God is one Lord' -- Deut. 6:4
> . . . The doctrine developed gradually over several centuries and
> through MANY CONTROVERSIES . . . By the END OF THE 4TH
CENTURY . . .
> [...]
> ###################
>

> Sedangkan The New Catholic Encyclopedia menulis:
>
> "The formulation 'one God in three Persons' was not solidly
> established, certainly not fully assimilated into Christian life
and
> its profession of faith, prior to the end of the 4th century. But
it
> is precisely this formulation that has first claim to the title the
> Trinitarian dogma. Among the Apostolic Fathers, there had been
> nothing even remotely approaching such a mentality or
perspective." -
> (1967), Vol. XIV, p. 299. ..."
>
> LD: Terimakasih, ini juga bukti/fakta kedua dari sampeyan.
> Kesimpulannya, kedua kutipan sampeyan itu mengatakan bahwa dogma
> trinity tidak ada pada awal kristen.
>
> Kalau sebuah konsep yang universal tidak akan ada kontroversialnya.
> Tuhan itu Satu. Titik. Tidak ada koma. Itu lah konsep Tauhid.
Pernah
> [...]
> hanya untuk memberi kesaksian akan kabar suka cita Allah, bukan
> untuk kepentingan kekuasan, dagang, pamer kebudayaan.
> Beda dg penyebaran Islam yg sarat kepentingan politik, kekuasan,
dagang
> dan Imperialisme kebudayaan bangsa Arab!
>
> Ada nilai yg lebih agung dibdk dg nyawanya.
> Ingat, mereka bukan mati krn berperang!
> Mereka wafat krn tdk mau mengingkari bahwa Kristus Yesus,
> Putra Allah yg Hidup.
>
> Pasti ada hal yg sangat agung yg amat sangat extra ordinary yg
> diyakininya!!!
> Iman spt itulah yg umat Kristen imani saat ini.

Lina: Jelas bukan sampeyan (umat Kristen saat ini) melandaskan iman
pada catatan sejarah gereja (yg jelas telah beberapa kali melakukan
kesalahan)BUKAN pada ajaran Yesus. So, sebetulnya umat Islamlah lah
pengikut ajaran Yesus yang sejati. That is my point.

> [...]
>
> LD: Itu fakta toh? Gereja Roma kan memohon maaf pada peristiwa masa
> lalu ketika menghukum mati ilmuwan. Apaka dia minta maaf karena
> telah salah menuliskan Bible krn nyatanya itu bertentangan dengan
> hukum yang ditemukan oleh ilmuwan tsb? Mereka hanya minta maaf bhw
> mereka telah membunuh, tapi tidak dalam hal salah tulis Bible
> **********************
> AR : Tidak ada kesalahan dlm penulisan Alkitab.
> Alkitab pd hakekatnya adlh Kitab taurat (perj lama) dan
> Kisah hidup Yesus dan para rasulNya (Perj Baru).
> Penambahan lebih disebabkan adanya bagian surat

Lina: Nyatanya penambahan itu dilakukan Erasmus dalam tekanan gereja?
Lihat rujukan saya pada posting terdahulu. Jelas bukan?

> Dlm kasus DVC, sangat jelas bahwa buku tsb hanyalah "science
> fiction"..Saya sdh baca bukunya, dan banyak kesalahan dalam pen-
> difinisi-an..juga mengenai sumber yg dianggapnya sebagai acuan
> fakta...ternyata cuma buku fiksi...
> Sama spt anda buat skripsi di mana hipotasis-nya diambil dari
> novel...
>
> LD: Kalau mau membahas sumber (Holy Grail) dari novel DVC ini,
boleh
> juga. Apakah ini cuma fiksi (pasti kata gereja)..ato fakta...(pasti
> kata scientist).  Kalau sempat, nanti saya sharing Holy Grailnya
Sir
> Laurence Gardner.
> ******************
> AR : Saya sdh baca risalahnya, dan di Amerika itu termasuk dalam
kategori> Science Fiction. Mungkin setara dengan "The Satanic
Verses"-nya Salman> Rusdie

Lina: Please speak with data kalau di Amerika, Holy Grail
dikategorikan Science Fiction. Kita sepakatkan bukan Novel DVCnya
tapi "Holy Grail"nya. Ada baiknya kita mengkaji lagi Holy Grail,
tanpa harus dengar kata orang. oke gak?

> [...]
> Kalo nggak mau dipake, ya silakan saja.... Gitu aja koq repot...
> hehehee....
>
> LD: Itu artinya orang Kristen gak peduli dengan kitab sucinya. Take
> it for granted. ya silakan. ..he..he...yang peduli malah saya. Saya
> itu gedek sama tangan2 jahil. Mestinya kan Kristen dan Islam itu
> sama mengajarkan Tauhid Murni karena Tuhannya sama Tuhan Yang Esa.
> Buktinya Yahudipun mengaku Tauhid Murni.
> *********************
> AR : Peduli, apa pengen nguyek-uyek?? ... hehehehe....
> Mbak Lina pernah patah hati ya dg orang Kristen?? atau Ibu anda yg
patah> hati??> ....hehehe... soalnya seneng bener nguyek-uyek
Kristen.....(just kidding)> Orang Kristen bukan nggak peduli, tapi
sepakat dengan penambahan itu.> Pada hakekatnya, Kristen dan Islam
mengakui Allah yg Maha Esa, bukan> TriTheisme.
> Penjabarannya aja yg beda. Kalau mau dibicarakan pasti ngga abis-
abis krn> mindset-nya sdh beda.

Saya malahan lagi jatuh cinta dengan orang Kristen neh! Saya betul
betul peduli dengan kesucian sebuah Kitab Suci.

Penajabaran Tauhid Murni sungguh mudah kan? Saya telah dengar
penjabaran trinitas dari beberapa orang dengan analoginya masing2,
termasuk dari pendeta saya waktu kuliah dulu (maklum, saya kuliah di
tempat Kristen). Roy Marten bilang ada 10 orang Kristen bicara soal
trinitas, berati ada 10 penjabaran. Saya pikir itu menunjukkan
sulitnya menjelaskan trinitas dengan suatu penjabaran yang mudah krn
memang konsep yang absurditasnya tinggi, bukan karena mindset yang
beda. Saya pernah mengosongkan mindset saya utk bisa menerima konsep
ini, tapi..gagal.

> ================
> AR :
>
> Memang berbeda dg tauhid Islam, kalo sama ya bukan beda agama
namanya...
> Tinggal bgmn menghargai perbedaan yg ada.
> Setiap agama mempunyai kelebihan dan kelemahannya masing-masing.

LD: Apa kelemahan agama Islam?

> Hal tsb mungkin juga bisa terjadi pada para ulama Muslim (sedang
> terjadi), pendeta dlsb, termasuk kepada saya dan anda...
>
> LD: Selama ulama Islam gak uyek2 isi dan susunan AlQur'an, biarin
> aja.
> ***************
> AR: Tuh khan... kelihatan mau menangnya sendiri....

Lina: lah iya dong. Coba aja ada umat Islam yang brani nambah2in
ayat atau menghilangkan ayat, pasti akan banyak tanggapan dan di
semprit oleh para penghafal...kalo cuma sekedar menafsirkan ayat
(asal punya ilmu) ya biarin aja kan?

> [...]
masing-
> masing individu.
>
> Masing-masing "pelabuhan" memiliki kelebihan dan kekurangannya
> masing-masing...tinggal kita yg memilihnya, "pelabuhan" mana yg
akan
> kita pilih....
>
> LD: Buat saya bukan soal nyaman dalam mencari Kebenaran. Tapi
> kebenaran itu sendiri. Nyaman itu tergantung bagaimana kita
> menyikapi hidup.
> +++++++++++++++++
> AR : Kebenaran yg sejati hanyalah Allah, bukan Kitab suci, bukan
Agama,> bukan anda, juga bukan saya. Cara mencapai kebenaran sejati,
> silakan pilih sendiri.
>
> Meskipun saya mengimani dan percaya pada Agama saya dan Kitab
sucinya> Saya pribadi, tetap mengakui agama lain, kitab suci agama
lain mengandung> kebenaran> dengan beragam penafsirannya. Semua
ajaran agama bermuara pada akhlak yg> mulia.

Lina:
Apa yang datang dari Allah itu lah kebenaran. Apa kriteria
kebenaran? Mudah dipahami dan dinalar.

> Penutup: Semoga Penjelasan ini bisa dipahami. kalo belum, mari
kita diskusi
> di Japri, kasihan netter yg lain di Millist ini.

Lina:
Kenapa dengan netters lain? Kalau gak mau baca, ya lewatin aja..kan
gampang? Tapi sebetulnya memang diskusi ini dah selesai karena
pointnya sudah jelas tertangkap oleh saya bahwa umat Kristen
(setidaknya sampeyan) melandaskan imannya kepada catatan sejarah
gereja, bukan bukan pada ajaran Yesus.

Wassalam,

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM