Assalamu'alaikum wr wb,

Sekitar tahun 1980-an, saya pernah tinggal di Arab
Saudi selama 6 bulan. Saya menginap di rumah kakek
saya (bukan kakek langsung, namun masih ada hubungan
saudara). Dia dan anak-anaknya sudah menjadi warga
negara Arab Saudi.

Meski GNP per kapita di Arab Saudi lebih kecil
daripada di AS, namun listrik, rumah sakit, dan
sekolah di sana gratis. Bahkan untuk setiap anak yang
bersekolah, diberi uang saku yang nilainya kalau
dirupiahkan sekarang sekitar Rp 800 ribu per bulan.
Saya lihat paman-paman saya yang masih bersekolah
menikmati uang saku tersebut. Mereka bisa belajar
hingga perguruan tinggi.

Saya lihat tidak ada pemukiman penduduk yang kumuh di
sana. Jika ada pengemis, itu adalah pendatang dari
negara-negara Afrika dan juga ... Indonesia. Jangankan
pengemis, saya saja ketika jongkok untuk beristirahat
ketika umrah, langsung diberi makanan kecil oleh orang
yang lewat, sehingga saya hanya bisa
terbengong-bengong...:)

Di AS dan juga Indonesia, biaya rumah sakit begitu
mahal. Bahkan ada kartun AS yang menggambarkan Dokter
berkata kepada pasiennya setelah menelpon seseorang,
"Menurut Bank Manager anda, sebaiknya anda tidak
operasi sekarang." Jadi saking mahalnya, orang yang
punya Bank Manager pun tidak bisa bayar ongkos RS.

Namun di Arab Saudi, RS yang disebut dengan Mustesyfa
memberikan pelayanan gratis kepada rakyatnya.
Bandingkan dengan RS di sini yang tega membiarkan
calon pasiennya mati karena tidak punya uang untuk
membayar...:)

Tapi itu kan rugi? Itu kan terlalu memanjakan rakyat!
Mungkin itu yang akan dikatakan oleh kelompok
Neoliberalis yang pro-privatisasi dan selalu mencari
uang.. uang.. dan uang... untuk kelompoknya.

Namun bagi pemerintah Arab Saudi, pelayanan listrik,
RS, dan pendidikan adalah pelayanan umum bagi
rakyatnya. Sekitar 20 juta rakyat Saudi juga punya
saham atas kekayaan alam mereka. Dan mereka berhak
menikmatinya dalam bentuk pelayanan listrik, RS, dan
pendidikan gratis...

Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

http://mail.yahoo.com