Sebetulnya daripada utak-atik kontrak KPS, jika kontrak berakhir mandiri saja.
Arab bisa maju karena tahun 1974 Raja Fahad menasionalisasi ARAMCO sehingga
hasil migas melonjak drastis.

http://infoindonesia.wordpress.com/category/kemandirian-nasional

Di Detik.com saya lihat Pertamina kalah kontrak pengelolaan minyak di Iraq
padahal biaya lifting yang ditawarkan cuma US$ 1,5/barrel.

Sementara di Indonesia di harga minyak US$ 50/barrel dan bagi hasil 15:85, para
kontraktor dapat US$ 7,5/barrel. Tapi kalau ditambah recovery cost jadi 30:70,
maka kontraktor asing dapat US$ 15/barrel.

Ngapain Pertamina mencari ladang migas di Iraq kalau pemerintah bersedia
memberi ladang migas ke Pertamina. Bukan ke perusahaan asing.

 ===
Belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits
http://media-islam.or.id