Pasar jalan karena dituruti, lancar kaji karena diulang.

    ALIF.

    Kita anggap saja dulu bahwa kedua versi al-Mushaf yang ada
    ditangan kita (versi Kairo dan Magrib) otentik berisi wahyu
    Allah - seperti dikatakan oleh orang sekeliling kita.

    Dan kita baca ayat-ayatnya dengan memakai akal dan kejujuran
    intelektuil.

    Akan segera kelihatan bahwa isinya ternyata banyak dongeng,
    dusta, omong kosong dan kibulan serta ajaran buas, biadab dan keji
    lagi kejam serta suruhan dan larangan absurd..

    Saya yakin saya tidak perlu berpanjang lebar hingga titik ini,
    karena kalau masih ada peserta mailing list ini yang masih belum
    tahu semua ini, maka artinya orang itu tolol atau tidak punya
    kejujuran intelektuil.

    Lagi pula mereka bisa melihat contoh yang dibeberkan peserta
    lain - juga saya - di mailing list proletar, istiqlal dll.

    Dan dengan memakai google  bisa ditemukan dengan mudah websites
    yang menunjukkan semuanya ini lebih lengkap - sepeti answering
    islam dll.

    BA.

    Tapi apakah al-Mushaf itu memang berisi wahyu Allah?

    Nggak ada bukti bahwa al-Mushaf itu memang berisi wahyu Allah.

    Dengan menurutkan cerita orang Arab selama ini yang berkata
    bahwa:

    1.Al-Mushaf itu usmaniyah dan

    2. 'Catatan aslinya' sudah dihancurkan atas perintah Usman

    maka kita TIDAK bisa berkata bahwa al-Mushaf itu memang berisi
    wahyu Allah.

    Bagi yang belum paham:

    1 kita tidak punya bukti bahwa al-Mushaf itu sesuai isinya
    dengan "catatan asli'nya

    2. kita tidak tahu apakah "catatan asli" itu memang berisi wahyu
    Allah.

    3. Kita tidak punya bukti bahwa "catatan asli" itu memang pernah
    ada.

    Dan jangan lupa - karena ini amat penting -:  Puin mengingatkan
    kita bahwa TIDAK ada bukti arkeologis yang menunjukkan bahwa
    al-Mushaf itu memang usmaniyah.

    Semua ini hanyalah cerita orang Arab yang tidak disertai bukti.

    TA.

    Lalu sejak tahun 1972 kita punya al-Mushaf Yemen yang menunjukkan
    bahwa:

    1. Versi al-Mushaf itu banyak

    2. Dan isinya suka diubah.

    Kesimpulan dari semua ini adalah:

    Al-Mushaf itu hanyalah semacam Tambo orang Bedui penduduk Hejaz
    yang hidup disekitar abad ke VII atau VIII Masehi.

    Dan tambo orang Bedui inilah yang dijadikan kitab suci oleh orang
    Islam diseluruh dunia.

    (update: bila tulisan sejarawan revisionis seperti Wansbrough,
    Crone, Cook dll. confirmed - maka saya koreksi bagian terakhir
    tulisan saya ini dan saya katakan bahwa al-Mushaf itu adalah
    tambo yang ditulis di Arab utara diabad ke VIII atau IX Masehi
    dan bukan di Makkah atau Madinah diabad ke VII Masehi).

    update Maret 2004: kayaknya tulisan Luxenberg (Die
    syro-aramaisch Lesart des Koran..) membuka cakrawala baru lagi:
    dia berkesimpulan bahwa al-Mushaf itu asal mulanya adalah
    leksioner salah satu sekte Nasrani yang berusaha mengajak orang
    Bedui yang politheis untuk masuk sekte Nasrani itu.

    P.S.

    Posting ini saya kirimkan dulunya ke berbagai mailing list,
    antaranya, proletar dan adalah kesimpulan yang saya tarik
    setelah bertahun-tahun  berdiskusi diberbagai mailing list yang
    saya ikuti dan setelah saya ikuti perkembangan kajian yang
    muttaakhir.

Jusfiq Hadjar gelar Sutan Maradjo Lelo

Orang Islam tipikal kudu sadar bahwa al-Mushaf itu TIDAK berbukti berisi wahyu
Allah
dan hadits itu mustahil ada yang sahih

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/uTGrlB/TM