My Rights, My Duty & Sang Pemula
(Hak saya dan Kewajiban saya)

oleh: Liong Vincent Christian / Vincent Liong

Dua kata yang menjadi judul tulisan ini adalah dua
kata yang bisa dibalik-balik sesuai dengan keadaan dan
kepentingan yang berkepentingan.

Dalam sistem masyarakat monotheistik, kapitalisme,
liberalisme, demokrasi, dsb; sistem bermasyarakatnya
menyebut pasangan kata;”My Right and my Duty”;dalam
urutan dari yang terpenting yaitu: ‘hak’ individual
saya (my rights) tanpa secara menunjukkan penekanan
kewajiban individual kepada masyarakat. Hal
‘kewajiban’ (my duty) dikemas sedemikian rupa sebagai
peraturan, hukum dan birokrasi kelembagaan yang dibuat
dengan alasan untuk keteraturan dan menjaga keberadaan
hak-hak individual/ konsumen masyarakat. Sistem ini
menarik minat dari para individu yang merasa
ter-budak-i dan terjajah oleh sistem holistik,
sosialisme, bushido, dsb yang cenderung menkankan
keharusan untuk memenuhi kewajiban.

Hal ‘kewajiban’ (my duty) yang sering kali disamarkan
dengan peraturan, hukum dan birokrasi kelembagaan
membuat kelompok yang mengatur hal-hal tersebut
memiliki kekuatan untuk memonopoli aturan-aturan yang
membatasi kebebasan manusia sesuai dengan kepenmtingan
kelompok. Ini membuat sistem masyarakat holistik,
sosialisme, bushido, dsb tidak bisa benar-benar hilang
dari kehidupan bermasyarakat karena bentuknya yang
cenderung dibuat tampak heroik dan penuh perjuangan
sebagai pengaman yang sifatnya alamiah, untuk
memperbaiki sistem yang dikuasai oleh monopoli yang
sedeang berkuasa yang fokus pada ‘my right’ untuk
memikirkan hak-hak individu dan kelompoknya saja.

Di sistem masyarakat yang holistik, sosialisme,
bushido, dsb; sistem bermasyarakatnya menyebut
pasangan kata;” My Right and my Duty”;dalam urutan
dari yang terpenting yaitu: ‘mengabdikan diri’ sesuai
bagian, peran-nya (my Duty) dengan tidak terlalu
menuntut akan ‘hak’ (my Rights) yang nyata. Kecuali
iming-iming bahwa dengan kebersamaan sekian banyak
orang, saudara dalam komunitas (kamrade) yang secara
tulus dan sadar diri untuk melakukan duty-nya secara
continue akan menghasilkan akibat yang sifatnya baik
yaitu terpenuhinya hak (my Rights) individual dari
tiap anggota didalamnya. Tidak terpenuhinya hak-hak
individual dianggap sebagai akibat dari kurangnya
jumlah tenaga, kebersamaan untuk melakukan kewajiban,
pengabdian secara tulus dan sadar.

Holistik, sosialisme, bushido, dsb akan mendapat
gebrakan dari dalam tubuhnya sendiri yang memiliki
demand/kebutuhan akan hak-hak individual yang biasanya
tidak terlalu diperhatikan; Ini muncul ketika tidak
ada lagi yang perlu diperjuangkan. Ketika individu
merasa sudah cukup berjuang mengabdikan diri dan
cita-cita indah yang dijanjikan sebagai hasil tidak
kunjung datang.

Holistik, sosialisme, bushido, dsb tumbuh dari akar
diawali dengan lahirnya tokoh heroik. Biasanya dia
adalah ‘sang pemula’ yang menjadi teladan untuk mulai
berjuang. Dalam kehidupan beragama kita bisa lihat
tokoh Spartan, Yesus dan nabi Mohamad. Dalam kehidupan
bernegara kita bisa lihat tokoh Kim Il sung dan
anaknya/penerusnya yaitu: Kim Jong Il yang masih hidup
dan berkuasa hingga saat ini.

Bilamana tokoh heroik, ‘sang pemula’ semacam ini masih
hidup atau masih memegang jabatan ketika semua sudah
tercapai dan tidak ada lagi yang perlu diperjuangkan,
maka mereka akan dianggap diktator, pemegang kultus,
tokoh yang berkuasa, yang dianggap perlu ditumbangkan.

Sebab seperti sejak awal mereka memulai sebagai sang
pemula dan diikuti oleh masyarakat yang lain, mereka
sebenarnya tidak melakukan kewajiban/duty apa-apa
kepada masyarakat selain bersikap dan menikmati hasil
pilihan sesuai pilihannya sendiri yang kebetulan
ditiru dan diyakini menjadi panutan, sehingga
menghasilkan keuntungan sepihak bagi dirinya sebagai
sebuah ikon dan hero bagi masyarakat dengan segala
fasilitas, kekuasaan dan toleransi yang menguntungkan.

Pelajaran Merekayasa Perjuangan dan Kepatuhan

Saya belajar tentang metode merekayasa kepatuhan dari
perkenalan saya dengan sahabat saya: Ho-Jun seorang
anak seorang aparat kedutaan yang telah kembali ke
tanah airnya Democratic people Republic of Korea.

Saya mengenal Ho Jun di awal tahun 2003 dan melakukan
pengamatan dan interaksi langsung secara intends 5
hari dalam seminggu 2-3 jam sehari selama 1 ½ tahun.
Pengamatan ini saya lakukan dengan serius karena
ketertarikan saya pada interaksi antara kombinasi pola
penekanan “my rights and my duty” yang berbeda antara
Korea Selatan dan Korea Utara dari film-film fiksi
yang berhubungan dengan konflik semenanjung Korea
seperti misalnya film: Joint security Area, Shiri,
Double Agent, Love Impossible, dlsb. Tidak banyak
tulisan yang sifatnya catatan pembicaraan yang masih
tersimpan di harddisk komputer saya.

Dari pengalaman-pengalaman itu, kebanyakan tulisan
saya yang yang saya posting sifatnya merekayasa
perjuangan dan kepatuhan yang sampai saat ini berguna
bagi saya dalam mengejar impian-impian saya yang tidak
akan mungkin saya lakukan tanpa pemahaman praktikal
soal hubungan my Rights, my Duty & Sang Pemula.
Tentunya seperti para pemula lain, saya menghadapi
resiko jumlah teman dan musuh yang begitu banyak
seiring dengan perkembangan dalam usaha praktikal
memanfaatkan akibat hubungan my Rights, my Duty & Sang
Pemula.

Vincent Liong
Jakarta, 13 Desember 2005

Reply atas tulisan ini harap di email ke:
([EMAIL PROTECTED]) agar bisa cepat saya baca
karena tulisan ini saya kirim ke banyak maillist.

Untuk bergabung dalam diskusi, Klik:

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/9.ZgmA/FpQLAA/HwKMAA/wf.olB/TM