Assalaamu 'alaikum wr wb

Batua bana Mamanda, memang seharusnyolah kami maniru apo yang alah mamanda lakukan
itu. Karano masiang-masiang awak alah tahu baso ado tatulih di Al-Qur'an, jadi indak
mungkin lai awak mancari-cari celah untuak menghindar. Barek tangguang jawabnyo.

-------------

ILLUSTRASI :

Perbedaan bagi yang menabung di Bank Syariah dengan Bank Konvensional :

Si Fulan membuka deposito mudharabah di Bank Syariah sebesar 10.000.000 selama
sebulan. Setelah sebulan Bank Syariah tsb menghitung bagi hasil dan didapatlah
(misalnya) bagi hasil bruto buat si Fulan sebesar Rp 125.000, setelah dipotong pajak
17.5% dan Zakat 2.5%  maka netto yang diperoleh Rp 100.000.

Seandainya si Fulan membuka deposito di Bank Konvensional dengan suku bunga 20%
misalnya, maka hasil setelah sebulan bruto adalah Rp 164.000 dan netto setelah
dipotong pajak 20% adalah Rp 131.500

Maka lihatlah perbedaannya :
Walaupun hasil yang diterima si Fulan mungkin lebih besar pada Bank Konvensional,
tetapi jika dia mendepositokan uangnya di Bank Syariah, maka minimal dia telah
memiliki dua hal keuntungan : yaitu : Telah dibayarkan zakatnya dan telah mengikuti
ketentuan syariat agama, ujung-ujungnya ada rasa aman di bathin. Saya kira kita semua
sepakat bahwa rasa aman di bathin tidak dapat ditukar dengan uang berapapun.

Ini sedikit illustrasi dasar perbedaar antara Bank Syariah dengan Bank konvensional.
Semoga bermanfaat...