Assalamu'alaikum wr.wb.

Dunsanak kasadonyo di RN,
Memang apo nan disampaikan oleh ibu Isna maupun sanak
Z itu adalah hal2 yang memang sudah seharusnya menjadi
perhatian kita semua.
Walau bagaimanapun juga apa2 yang disampaikan ini
memang benar adanya, nyatanya telah terjadi pergeseran
kultur dan dekadensi moral dikalangan generus, kita
sebagai sesama bangsa dan masih mencintai bangsa ini
tentu saja tidak bisa cuma menerima keadaan ini dan
berkata " yah apa boleh buat memang nyatanya begitu,
apa lagi yang dapat kita lakukan dizaman serba susah
seperti ini..".
Ini cuma menunjukkan justru telah terjadi perubahan
didalam diri kita sendiri, kita menjadi lebih
permissive dan yang terutama sekali betapa lemahnya
iman kita.

Memang benar bahwa standar yang kita pakai untuk diri
sendiri dan standar orang lain mungkin berbeda, namun
sebaik baiknya standar iyalah standar yang sudah
ditetapkan oleh yang maha kuasa dalam Alqur'an dan
alhadits.
Kita punya kewajiban mentaati standar2 tersebut,
apalagi bila kebetulan kita adalah seorang pemimpin
maka tanggung jawab kita akan menjadi lebih besar
lagi.

Banyak faktor2 yang menyebabkan terjadinya pergeseran
kultur ini, salah satunya adalah lemahnya pengawasan
orang tua dan kurangnya pendidikan agama dikalangan
remaja tersebut.
Kalau jaman dulu sewaktu saya masih di bukittinggi,
kalau saja ada gadis/perempuan memakai pakaian ala
barat (waktu itu umumnya prp masih memakai baju
kurung) maka akan ramai orang mempergunjingkan prp
tersebut sampai prp tersebut menjadi malu untuk lagi
berpakaian sperti itu.

Maka disini kita lihat sebenarnya kontrol masyarakat
banyak membantu untuk terjaganya nilai2 luhur budaya
kita.

Coba kita simak hadits nabi dibawah ini.

"Anda lihat orang-orang yang beriman itu dalam saling
kasih-mengasihi, saling cinta-mencintai, dan saling
tolong-menolong, seperti sebatang tubuh. Kalau ada
salah satu anggota yang terkena penyakit, seluruh
batang tubuh ikut menderita tidak dapat tidur dan
menderita panas" (Hadits Bukhori).

Kita bisa melihat bahwa sesama orang iman itu harus
saling mengasihi, saling menolong. Tidak cuma lahiriah
tapi juga batiniah..., apakah kita tega melihat anak,
kerabat, teman, tetangga terlihat berbuat dosa namun
kita diam saja berpangku tangan.

wassalam
adrisman