Assalamu 'alaikum wr wb.,

Saya sangat setuju dengan pendapat Irdham. Yang menjadi masalah bukanlah kapitalis atau bukan kapitalis, tetapi kemampuan SDM (sumber daya manusia) kita - baik sebagai individu maupun sebagai sebuah organisasi. Jadi yang diperlukan adalah peningkatan kemampuan atau capacity building. Capacity building perlu dilakukan di organisasi pemerintahan, di organisasi sosial, di perusahaan-perusahaan, dan sebagai masing-masing individu. Berikut adalah definisi mengenai capacity building yang saya ambil dari sebuah laporan terhadap kondisi kita secara keseluruhan.

Capacity building can be defined as a process to increase the ability of individuals, groups, organisations, communities or societies to,
  • analyse their environment,
  • identify problems, needs, issues and opportunities,
  •  formulate strategies to deal with these problems, issues and needs, and seize the relevant opportunities,
  • design a plan of action,
  • assemble and use effectively and on a sustainable basis resources to implement, monitor and evaluate the plan of actions,
  • use feedback to learn lessons

Wassalam,
Ridwan

> Jadi rasanya bukan karena negara kita lebih kapitalis dari negara
> kapitalis, tapi lebih karena orang2 yang duduk di pemerintahan perlu
> ditingkatkan mutunya... habis studi banding lebih banyak dimanfaatkan
> untuk acara shopping daripada peningkatan kualitas.

cut