Assalamu'alaikum wr.wb.,

     Jalan malalui Rantaunet.web.id. rusak, tapaso ambo lalu kamari baliak.

     Ko ado curito nan panah ambo kirinan ka milis lain saisuak pakaro
     contoh debat kusir ko;

     Wassalamu'alaikum,

     Lembang Alam

     Anda tentu pernah dengar kata "kusir", itu lho yang kerjanya
     mengendalikan kuda supaya bagus jalannya. Kusir, ya supir bendi atau
     dokar atau delman atau sado atau cikar atau apalagilah namanya. Di
     kota kelahiran saya kusir-kusir yang  tengah menanti penumpang, duduk
     di bendinya masing-masing, yang di parkir berbaris, biasanya di mulut
     pasar yang suaranya gemuruh. Untuk menghilangkan jenuh kusir-kusir ini
     biasa ngobrol dan kadangkala bersoal jawab. Karena masing-masing duduk
     di bendi masing-masing, berjarak lebih kurang 2 1/2m satu sama lain,
     dan karena suara pasar yang riuh, seringkali omongan yang satu tidak
     terdengar jelas oleh yang lain. Ini satu contoh diskusi mereka:

     " Anak kuda saya yang belang itu akhirnya mati kemaren" kata Panduko
     Sutan.
     "Wah berduit angku sekarang, siapa yang membeli?" timpal Malin Ameh.
     " Entahlah, waktu saya buka pintu kandang saya dapatkan dia sudah mati
     kaku"
     "Bagalau cerita angku, mana mungkin anak kuda bendi mau dijadikan kuda
     pacu"
     " tidak pernah saya menyapihnya, bahkan dia lagi kuat-kuatnya menyusu"
     " Orang kelebihan uang barangkali. Berapa dibelinya?"
     " Sudah tujuh bulan. Sedang elok-eloknya"
     " tujuh juta? Benar-benar saya tidak percaya. Angku traktirlah saya
     makan kalau begitu"
     Tiba-tiba Mantari Labiah ikut menimpali
     " Bagaimana kabar anak kuda belang Panduko tempohari. Biarlah saya
     yang memelihara untuk menggantikan kuda yang sudah tua ini"
     " E Mantari, kami lagi mahota kuda, Mantari menanyakan janda ,
     nantilah kita sambung, penumpang saya sudah penuh" sergah Panduko
     Sutan sebelum berlalu dengan bendinya.