Dear Iza,

Agak bingung juga Uni(hehe...bu Mckosky, ni Des dan da Gindo no comment
yah)membaca pertanyaan Iza mengenai hal-hal yang  unik dalam tradisi kita.
Sebetulnya tak banyak yang unik-unik dalam adat istiadat minangkabau yang
matrinial tapi banyak dari pendukung kebudayaannya lebih nyaman mengdopsi
tradisi patrilinial.Tapi kalau Iza mau membangun fikiran bahwa setiap
tradisi mempunyai ciri khas tertentu yang tak terdapat dalam tradisi lain,
misalnya, Iza bisa menulis tentang tradisi yang tak biasa bagi sebagian
besar orang Indonesia;yaitu tata cara adat perkawinan,terutama saat-saat
awal proses perkawinan tersebut. Iza tahu kan proses pelamaran di Minang
bahwa keluarga perempuanlah yang mendatangi keluarga calon pengantin
laki-laki?  Nah, disini ceritanya bisa seru tuh, jadi mengapa tak mencoba
membangun plotnya dari sini saja. Apa lagi kalau Iza buat dari perspektif
gadis minang moderen,berpendidikan yang sudah tak lengkap menerima
sosialisasi adat-istiadat Minangkabau.

Atau dari tradisi pasambahan. Seperti yang Iza ikuti selama beberapa waktu
di Lapau ini, menurut saya, tradisi ini amat unik sekaligus melelahkan. Mau
makan saja banyak sekali tebaran silat kata-kata yang kalau diikuti bisa
molor sepanjang Bukit Barisan.Keburu dingin itu nasi dan samba.

Atau kalau mau yang bercita rasa sinetron, bajak saja tokoh Bundo Kanduang
yang tak pernah jelas akarnya.Apakah wanita ini pernah hidup dalam sejarah
atau hanya dalam pikiran para pemberi kaba saja. Ohya,jaman dahulu beredar
rumor bahwa Bundo Kanduang pernah dipinang oleh seorang raja dari
Cina.Sebagai tanda jadi, sang raja mengirim seperangkat alat pelaminan ke
ranah para wanita ini. Berhubung tak jodoh, sang raja tewas di
perjalanan.Nah, Bundo  Kanduang yang patah hati tak mau melepaskan
kenangannya begitu saja. Ia kemudian mengharuskan rakyatnya untuk
menggunakan pelaminan tersebut dalam setiap upacara perkawinan. Kalau mau
berimajinasi sedikit perhatikan pelaminan pesta kawin orang Minang dengan
singgasana kaisar Puhyi dalam film The Last Emperor atau dengan singgasana
raja-raja cina lainnya yang terdalam dalam TV-2 kita. Atau baju pengantin
wanita Minang yang mempunyai kesamaan dengan baju kebesaran kaisar-kaisar
cina kuno. Banyak sekali kemiripan bukan? Bisa jadi rumor dari masa lalu
tersebut ada benarnya atau setidaknya bahwa kebudayaan Minang itu banyak
pernah di pengaruhi oleh tradisi Cina.Coba cermati ragam hias yang terdapat
dalam sulaman atau ukiran-ukiran rumah gadang Minangkabau.Disitu  ada hiasan
burung Hong, naga, dan bunya Pheony yang tak mempunyai makna khusus dalam
tradisi kita.

Sebetulnya masih banyak yang lain. Tapi untuk sementara sampai disini sajah.
Semoga imajinasi Iza mengalir dan bisa membongkar hal-hal kecil yang hampir
terkubur dalam pikiran kita.

Evi

Wa'alaykumsalam,
Iza, saya ndak banyak tahu info yg diperlukan tsb. Saya reply email ini
dan cc:kan ke rantaunet, mudah2an ada Mamak, Uda, dan Uni yg bersedia
membantu.

Salam,
G,---

On Fri, 19 Jan 2001, iza bagus wrote:

> Assalamu'alaikum wr,wb
> Bapak/Uda Arisman, makalah itu adalah tugas dari guru
> Bahasa Indonesia Iza.Dan sekarang Iza punya tugas baru
> lagi untuk Bahasa Indonesia, yaitu membuat sebuah
> cerita pendek berbentuk makalah juga. Isinya mengenai
> adat kebiasaan daerah asal.Kalau boleh Iza merepotkan
> lagi,Iza minta tolong kepada Bapak/Uda untuk
> informasinya lagi,tapi ini mengenai apa saja adat dan
> kebiasaan unik urang kampuang awak dalam kehidupan
> sehari-hari. Iza mohon diberikan informasi tersebut.
> Iza diberi waktu satu bulan hingga tanggal 16
> [...]

Ket: [email_anda] = isikan alamat email anda tanpa tanda kurung