Hikmah dibalik syiar-syiar haji.

Assalamualaikum Wr.Wb.

     Saudara-saudaraku yang seiman,
Mari coba sama-sama kita mengupas,apa itu hikmah
dibalik Syiar-syiar haji,seperti thawaf di baitul
ka,bah,sya,i di shafa dan Marwah,dllnya itu,namun
disini saya hanya mengemukakan beberapa syiar
saja,karena kupasannya terlalu panjang,saya akan beri
sedikit,yang lainnya bisa ditambahkan oleh saudara 2
yang lain,saya ini tak obahnya seperti memberikan
saudara saya buah pisang,saya bukakan sedikit kulitnya
utk dimakan saudara saya itu,kemudian selebihnya ia
kupas sendiri,atau dibantu mengupaskan saudara yang
lain,bila kebetulan ia sakit,malas,atau hanya sekedar
ingin manja saja,jadi minta dikupasin oleh yang lain
lagi.

1.THAWAF.
             Apa itu thawaf?thawaf didalam bahasa
Arab,artinya berkeliling,atau mengelilingi.Dalam Al
Qur,an selalu dipakai kata jamaknya yaitu
"THAWWAFA"artinya mengelilinginya berulang-ulang
kali,sambil mengucapkan do,a-do,a dan
kata-kata"LABBAIKALLAAHUMMAALABBAIKA,LABBAIKA LAA
SYAARIKALAKA INNAL HAMDA,WANNI,MATA,LAKA
WALMULK,LAASYARIIKA LAKA".

Suatu kali,ada murid yang bertanya pada saya,"Mengapa
thawaf itu harus di mesjidil haram,dan mengelilingi
ka,bah,bukankah yang dibaca juga do,a-do,a pada
Allah,bukankah Allah itu ada dimana saja kita
berada?Apa tidak boleh,kalau local sekolah kita ini
saja kita kelilingi,lantas sambil berkeliling kita
berdo,a,kan itu thawaf juga namanya,dan kitapun tetap
berpahala?.
Kalaulah saya jawab ketika itu dgn mengatakan,thawaf
itu kan dilaksanakan dibulan haji,atau utk
umrah,karena itu merupakan syariat dari Allah yang
sudah ditentukan?saya rasa bila jawaban itu saya
berikan,bagaimanapun mereka pasti tahu
jawabannya,jangankan anak setingkat SMA,anak SD,SMP
pun saya rasa bisa menjawabnya.Akhirnya saya jawab
begini.Okey,boleh saja,anda-anda ini
thawaf,mengelilingi local,sampai tujuh kali,sambil
berdo,a,anda akan tetap diberi pahala karena do,a-do,a
dan ayat-ayat Al Qur,an yang anda lantunkan tsb,namun
anda tetap tidak dikatakan telah haji,karena
Melaksanakan haji itu hanya adanya di Mekkah.Cobalah
anda,jawab pertanyaan  ini."ibu saudara laki-laki atau
perempuan?mereka jawab,perempuan!.Okey,pitar sekali
anak-anak ibu ini.lantas ibu anda yang perempuan itu
dipanggil apa?Bapak atau ibu,mama,atau papa,ummi ati
ayah,buya?mereka serentak menjawab."Ibu donk
buk..!Okey.saya Tanya lagi.Bapak saudara lelaki atau
perempuan?lelaki! ulas mereka lagi.Lantas panggil
Bapaknya apa?Yah Bapak donk buk..!.Okey..sekarang,
saya Tanya,mau ngak,Bapak anda-anda yang laki-laki itu
dipanggil dgn panggilan ibu?atau ibu anda yang
perempuan itu anda panggil dgn Bapak?nyahut ngak
ia?Yah tentu ngak donk Buk?Jadi mau ngak bapaknya
dipanggil ibu,atau ibu dipanggil Bapak?.Akhirnya
mereka terdiam,dan itulah jawaban ibuk,atas pertanyaan
anak-anak ibu sekalian.(pelajaran selesai dan mereka
pulang sambil memikir dalam diri masing-masing,jadi
saya ngak perlu menjawab lebih luas lagi,karena pasti
jawabannya sudah dapat secara otomatis dalam benak
mereka)

Kembali kepersoalan Thawaf tadi,dan kita lupakan dulu
sejenak masalah murid-murid itu.Sekarang kembali kita
bertanya dalam hati.mengapa sih,Pakaian di saat thawaf
ifadhah,atau dalam ihram itu harus pakaian putih bagi
lelaki,dan tidak berjahit,serta mengapa bahu yang
kanan terbuka,sementara bahu kiri tertutup oleh
kain?.Mari sama-sama kita lihat hikmahnya.Kalau
pakaian putih,itu jelas,menunjukkan kesucian jiwa dan
diri,dimana dgn pakaian yang sama semua tanpa
berjahit,maka tidakkan ada model-model lain yang
menunjukkan perbedaan suatu kaum,darimana pun
bangsanya,apapun jabatannya semuanya sama kedudukannya
disisi Allah,yang membedakan meraka hanyalah ketakwaan
saja.Dan mengapa bahu,kanan terbuka sedangkan kiri
tertutup(bersilang sebagaimana yang kita lihat pakaian
ihram lelaki)Cobalah saudara praktekkan diri dirumah
dan letak meja,atau apa saja yang dapat kita kelilingi
utk membuatnya sebuah bangunan  empat persegi,persis
seperti Ka,bah.dan saudara mepraktekkan pakaian ihram
itu.Jelas kelihatan bahwa lengan,atau dahu yang kiri
menghadap ke Ka,bah,sementara bahu kanan yang terbuka
itu kelihatan bagi orang yang memandang disamping
kanan saudara itu.ini menunjukkan,saat itu pada kaum
Quraish yang ingin mengetahui bentuk tubuh orang Islam
itu seperti apa,karena kata mereka kita orang Muslim
itu kurus-kurus,makan ngak bergizi,karena miskin,asyik
beribadah saja pada Tuhan.Lantas oleh Rasulullah,maka
disuruhlah pakaian lelaki itu seperti itu dengan
menampakkan lengan,atau bahu kana,bahwa orang Muslim
itu kuat-kuat lihatlah dagu kami!.Tetapi kalau di buka
yan sebelah kiri,tentu tidak akan kelihatan oleh kaum
Musyrik,karena bahu yang kiri menghadap ke
Ka,bah,sementara orang Musyrik ketika itu mengamati
kaum Muslimin dari luar  Ka,bah.

2.Shafa dan Marwa.

Arti kata shafa menurut bahasa diartikan dgn "Batu al
amlas"yaitu sebuah bukit(jabal)di Mekah yang sangat
terkenal(ma,ruf )Demikian juga dgn Marwah,suatu bukit
yang terkenal juga.Itu sebabnya maka didalam pemakaian
kata-kata kedua nya tersebut didalam Ayat,Allah
memakai huruf "ALIFLAM""ASSHAFA,DAN AL MARWAH".Dalam
undang-undang,kaedah bahasa Arab,bila kata-kata
dirangkaikan pemakaiannya dgn aliflam",maka kata
tersebut menunjukkan kata-kata yang sudah
dikenal(Ma,rifah).
  Didalam bukit Marwa itu dijaman jahiliyah dulu,ada
sebuah patung yang dinamakan dgn "isaafan   "di Marwah
ada patung yang dinamakan dgn "naailah".Orang-orang
kafir bila mereka thawaf diantara keduanya dgn
menghapus,atau menyapu kedua benda patung tersebut,itu
pulalah sebabnya pada pertama sekali,orang Islam,masa
sahabat dulu,tidak mau mengerjakan Sy,I,karena takut
dikatakan mengikuti adapt jahiliyah,sampai turun ayat
Allah yang mengatakan bahwa "Shafa dan Marwah,adalah
merupakan syiar-syiar Allah..dst..".
     Dalam suatu riwayat ada yang menyebutkan ttg
penaman shafa dan Marwah ini,mengapa disebut Shafa,dan
Marwah?Riwayat yang pertama mengatakan bahwa disebut
Shafa,karena Adam Al Musthafa,berdiri disana,demikian
juga dgn Marwah,karena siti Hawa berdiri di tempat
Marwah tersebut,karena Hawa adalah perempuan maka
disebutlah tempat berdirinya Hawa itu dgn "Al
Mar,ah".Sementara ulama Hadist As Sy,bi mengatakan
bahwa di subut Shafa,karena ada patung sebelum masa
Islam disebut dgn "Isaafan"dan ini menunjukkan
lelaki,sementara patung "Naailah"ada taa
marbuthahnya,menunjukkan perempuan maka disebutlah
marwah.Menurut Al Qurthubi,pendapat yang kedua ini
lebih baik(hasan).Sekarang menjadi pertanyaan bagi
kita,mengapa setiap-dekat dengan Marwah,kita disuruh
utk berlari-lari kecil?Apakah itu merupakan suatu
kewajiban?Jawabannya"Tidak",lari-lari kecil bukanlah
suatu kewajiban,bisa saja kita berjalan,tidakkan jadi
masalah.Lantas mengapa ada lari-lari kecil menjelang
Marwah itu?
   Sebenarnya kejadian tersebut terjadi dimasa
Rasulullah,disaat itu orang-orang Musyrik
mengintai-intai sambil mengintip-intip Rasulullah
mengerjakan sya,i.Lantas mereka bilang"Lihatlah
Muhammad itu sedang sakit,ngak kuat berlari."Maka
Rasulullah dgn perantaan Allah mengetahui omongan
mereka itu,maka disaat tempat orang Quraish itu
mengintai beliau berlari-lari kecil,utk menunjukkan
bahwa beliau tidaklah sakit,tetapi kuat,dapat
berlari.Dan rasulullah bersama kaum Muslimin,berlari
disaat dekat ke Marwah,dikarenakan disaat itu tempat
mengintainya orang Musyrik dekat situ. .Kalau saja
saat itu mereka mengintai ditengah-tengah antara shafa
dan Marwah,pasti Rasulullah berlari-lari kecil
disitu.Demikian lah dulu.Hikmah sedikit ttg
Syiar-syiar haji,yang sebenarnya masih banyak .

Send FREE Valentine eCards with Yahoo! Greetings!
http://greetings.yahoo.com