Assalamu'alaikum Wr...Wb
    Dalam hal bahwa minang sudah lumayan tertinggal
dari daerah2 lain saya sependapat dengan urpas hihi
ternyata kita ada sedikit persamaan tapi punya satu
samudra perbedaaan, Hampir 24 tahun saya hidup
dirantau orang belajar untuk bertahan hidup dan tumbuh
kembang dalam karakter minang yang kuat yang diarahkan
kedua orang tua saya, Belajar mempelajari hidup dan
keilmuan akherat serta dunia juga selalu mengingat
pesan urang gaek "jadilah padi semakin berisi semakin
tawadhu"
   10 tahun hidup dalam dunia binaan keluar masuk
daerah serta kampung untuk melakukan pemberdayaan
umat, Melupakan masa muda demi melihat generasi
qur'ani dimasa mendatang tiba2 adik tercinta berkata
"ka ronal emang hebat mou mengorbankan masa muda untuk
dakwah, Tapi kenapa bukan minang yang dikembangkan
???" Suatu sindiran yang membuat saya berpikir keras
dan merenung apa lagi setelah 10 bulan lalu saya lihat
dengan mata kepala saya sendiri kemunduran minang
didepan mata dalam beberapa hal
:(
   Saya hanya tau PRRI dari sejarah orang tua saya pun
enggan bercerita itu semua kepada saya tapi
alhamdullilah dalam beberapa bulan ini saya luangkan
waktu saya untuk mempelajari itu semua dan mengambil
ibrohnya minimal buat saya pribadi, Tapi ronal bukan
orang yang cuma mou menyesali kegagalan tanpa ikut
andil dalam perbaikan2 dan juga bukan orang yang
bersifat teoritis dan mengukur dalamnya keilmuan orang
lain dalam suatu diskusi, Karena masalah minang dan
pemberdayaan minang tidak akan pernah berubah kalou
cuma teoritis dan diskussi kosong, Saat ini yang kita
perlukan apa yang kita bisa perbuat maka kerjakanlah
bukan justru berdialog tentang hal2 yang tidak punya
hasil.
   Mamak Lembang Alam terima kasih atas artikel
singkatnya yang membuat saya terhenti sejenak dari
kesibukan kerja dan sedih melihat kemunduran itu, Tapi
kita tidak boleh larut dalam kemunduran itu kita harus
bersama2 mencari solusi untuk kembali bangkit dan maju
kedepan "allah tidak akan merubah suatu kaum kalou
bukan kita sendiri yang merubahnya", Buat dunsanak
ambo yang tajam kritiknya saat ini menurut ronal hal
yang paling baik adalah mengarahkan diskusi ke hal2
yang membangun, Ronal tidak alergi koq dengan diskusi
tapi tolong jangan kita diskussi "mencari keesaan
allah,berdebat tentang pemahaman:("karena hal2 yang
pelik seperti itu tidak akan kelar dengan diskusi
virtual ini justru akan meninggalkan kesan yang buruk,
Karena sifat doktrinisasi pemahaman itu gak bisa
diterima setengah harus tuntas biar generasi kita
dibawah tidak salah dalam penerapan, saya yakin rekan2
jauh lebih paham tentang hal itu.
    Sekali lagi ronal minta maaf kalou ada kata2 yang
salah, karena trus terang ronal adalah mahkluk kasar
bukan mahkluk halus :), Ronal tau banyak langit tinggi
dirantaunet ini yang membuat ronal masih harus belajar

wassalam

Yahoo! Health - your guide to health and wellness
http://health.yahoo.com