Terima kasih sanak Z. Chaniago. Perhitungan software memang membantu memudahkan
secara teknis. Namun bagi masyarakat umum, bukankah yang disebut bulan purnama
(full moon) selama ini adalah cahaya bulan pada saat paling cemerlangnya (yang
terlihat) di malam hari? Bahkan ini sudah menjadi konsensus universal bukan
hanya di tanah air, juga di Cina (dengan adanya tradisi kue bulan), atau di
Barat (dengan adanya beragam legenda seperti Fang Face atau Beowulf, misalnya).

Untuk lebih rincinya pendapat (sekaligus pertanyaan) saya, silakan lihat
jawaban saya untuk sanak Fitr Tanjung.

Wallahu'alam bish shawab.

Akmal Nasery Basral