Keadaan latar belakang cerita hampir sama dengan cerita 5 menara, Banyak yang
baru yang saya baru ketahui dibuku ini. Ketidak bahagia di waktu kecil baru
saya baca. Saya pikir sebagai anak ulama besar beliau bahagia dimasa kanak2.
Yang ingin saya ketahui kenapa beliau demikian kejam membuat 2 cerita yang
tidak Happy ending? Apakah beliau terinspirasi dengan Shakespeare Romeo and
Juliet?
Yang agak kurang dan ingin saya ketahui mungkin dibuku yang berikutnya (Insya
Allah Ananda  bagaimanaakmal)  dia membina AL Azhar yang telah berkembang besar
di Jalan Sisingamngaraja. Beliau tentu berjuang dengan tak tanggung2. Bagaimana
perjuangan beliau sampai beliau masuk penjara segala. Sekarang kita hanya
menikmati saja lagi.
Buku beliau yang menjadi pegangan saya Islam dan adat Minangkabau yang isinya
bagus sekali.
Sekali terima kasih Ananda Akmal yang telah membawa Bundo kemasa lalu dan
menikmati Danau Maninjau serta Padang Panjang. Yang banyak juga menulis tt
Maninjau A A Navis.

Kalau Presiden Soekarno pernah bilang :

jika adik makan pinang…

makanlah dengan sirih hijau,

jika adik datang ke Minang…

jangan lupa singgah ke Maninjau…

(tulisan di Museum Buya Hamka)

pantun lain ttg Maninjau yg terkenal untuk Rang rantau

Maninjau padi lah masak

batang kapeh batimba jalan…

Hati risau dibawo galak.,

bak paneh manganduang hujan.

Sekian salam

Bundo Nismah

  2. E-mail attachment, tawarkan & kirim melalui jalur pribadi;
http://rantaunet.wordpress.com/2011/01/01/tata-tertib-adat-salingka-palanta-rntaunet/