Bapak MN n.a.h dan dunsanak palanta yg berbahagia

Apa yang bapak sampaikan secara prinsip saya bisa memahami atas keinginan dan
cita2 bapak yang ingin kepada perubahan yang cukup ekstrim jika kita
membandingkan situasi terkini yang terjadi di NKRI ini terutama menyangkut
aspek ekonomi yang faktanya suka tidak suka dikuasai dalam bentuk konglemerasi
dari hulu ke hilir terutama oleh pengusaha non pri lebih tepatnya suku China
tapi WNI dan juga bangsa Asing lainnya.

Kembali kepada hal yang mendasar karena UU dan peraturannya memungkinan atau
bisa hal itu terjadi dalam konteks serta tananan bernegara di NKRI ini,
siapapun baik perorangan, badan usaha seperti PT, CV, Koperasi dl berhak
berusaha di NKR ini dalam pengelolaan SDA, Perdagangan dan Jasa sesuai dengan
aturan yang berlaku.

UU dan Peraturan jelas produk manusia bisa diubah, jalan untuk mewujudkan
cita2, ide dan pemikiran Bapak tak lebih tak kurang dirikan partai pas pemilu
raih suara sebanyak2nya kuasai parlemen 60 persen lebih mantap 75 persen, sudah
bisa dipastikan presiden di NKRI ini dari partai yang Bapak dirikan.

Itu pemikiran saya yang sederhana saja yang dalam prakteknya saya pikir sangat
sulit bahkan "rada-rada mustahil" mengingat bangsa dan negara ini terdiri dari
berbagai suku, ras dan agama dari Sabang sampai Merauke dari Timor sampai ke
Talaud begitu bunyi lirik salah satu  lagu kebangsaan NKRI.

Saya tidak mau terjebak jadi orang yang "hipokrit" dalam hal ini..saya harus
katakan bahwa saya memang bekerja pada sebuah perusahaan konglomerasi yang
mengelola SDA di bidang perkebunan, yang saya bawa memang ilmu dan pengalaman
saya dan berusaha bekerja sebaik mungkin dan profesional.

Pertanyaan saya jika Bapak selalu saja menggugat pengusaha Non pribumi (apakah
itu china, Asing lainnya) apa Bapak pura2 tidak tahu..atau tidak mau tahu,
betapa banyaknya , anak-anak, cucu, kemenakan suku minang di NKRI yang bekerja
di usaha2 konglemarasi tsb diberbagai bidang dari Hulu ke Hilir, maaf mungkin
juga bagian dari keluarga Bapak yang bekerja dalam sistim konglomerasi dan
kapitalis yang padat modal dan padat karya muali pekerja non skill, skill,
profesional dilevel manajer, senior manejer, direksi sampai CEO, bahkan ada
yang komisaris dan sedikit punya saham, itu jumlahnya sangat banyak tersebar di
segala penjuru NKRI.

Sebanyak yang beruntung tentu masih ada yang tidak beruntung anak-anak suku
minang yang mencoba mengadu nasib di perantuan (terutama) sesuai dengan
kemampuan, ilmu, pengalaman dan kompetensi yang dimilikinya

Situasi ini lebih baik menurut saya jika anak-anak suku Minang jadi maling,
perdagangan norkoba, merampok, membuat tempat esek2 dugem beraroma alkohol
serta melakukan usaha2 ilegal lainnya.

Susah memang kalo pola pikir lebih kepada "sentimen SARA" yang lebih pokoke
"pengusaha non pri " harus enyah dari bumi Indonesia tanpa harus
mempertimbangkan sementara anak, kemenakan, cucu suku minang bekerja disitim
konglemerasi tsb.

Secara pribadi saya tidak mau menjadi orang yang hipokrit dalam hal ini, gak
tahu bagaimana situasi di klga Bapak sendiri, saya berharap sebagai generasi
penerus bangsa ke depan apa yang bapak cita2kan bisa mereka wujudkan dan
membuat wajah NKRI khususnya Sumbar sesuai apa yang Bapak cita2kan, semua itu
adalah mulia-mulia saja jika melakukan sebuah perubahan kearah yang lebih baik
lagi seperti harapan Bapak ke depan :

"Kawan2, ambo bapikia ke depan baa supayo Sumbar dan Indonesia ko bisa
mengikuti langkah2 nan dilakukan dek Cino, Korea dan Japang tu, seperti juo nan
diikuti kini dek negara2 tetangga awak: Malaysia, Vietnamn dan Thailand.
     Dengan awak menawarkan diri ke dunia untuak masuak dan membangun ekonomi
yang sifatnya kerjasama, bukankah kian perhatian awak harus diarahkan. Bukan
dengan mampagadang penguasaan ekonomi Indonesia secaro sapihak oleh konglo2
itu."

Let's think big for our future.

Berpikir saja tidak cukup untuk merubah situasi perlu tindakan nyata bahkan
dengan cara radikal militan sekalipun jika memang ada perubahan kearah yang
lebih baik

Dan saya (pribadi) memang belum mampu melakukan hal tersebut karena ini sudah
lebih menyangkut "asap dapur" buat kehidupan istri dan anak2 saya, saya tidak
mau jadi penganggur petantang petenteng berbuat tindakan ilegal

 jika idealism yang lebih kuat lalu melihat situasi yang memang masih banyak
carut marut lalu berlagak menjadi seperti pahlawan kesiangan memperjuangan lalu
saya harus mengorbankan orang2 terdekat yang saya cintai..memang saya belum
mampu berbuat.

Wass-Jepe, L- 48 ThnPowered by Telkomsel BlackBerry®