Assalamu'alaikum wrwb
Saya ingin menceritakan pengalaman selama di Philippines, sekaligus juga ingin
bertanya.
Alhamdulillah, saya dan teman2 di Indonesia dipertemukan dengan beberapa
saudara muslim di sini. Walaupun ada yang asli dari lahir muslim (born muslim),
namun banyak juga yang muallaf. Saya kagum dengan semangat para muallaf ini.
Sangat tinggi ghirah ke-Islamannya, semangat dalam menegakkan syariat Islam.
Masalah makanan, di sini banyak masakan dari ayam, telur, namun hamir semua
masakan dari babi, sehingga kami harus berhati-hati kalau makan ini. Terkadang
kami pergi ke McDonald atau KFC, atau� Jolli Bee� yang menyediakan ayam goreng.
kalau pergi ke warung biasa, harus ditanya betul, apakah masakan ini ada
babinya atau tidak, dsb.
Selain itu ada satu makanan khas di sini , namanya balot. Balot adalah telur
yang sudah ada calon anak ayamnya, kadang sudah berbentuk ayam atau masih
kecil. Jadi kalau di Jawa, seperti telur ayam Jawa yang akan menetas. Namun
sebelum menetas,sudah diambil dulu, lalu direbus dan dimakan.
Nah, pertanyaan saya.... selama ini saya belum pernah makan balot, karena ngga
tahu apa hukumnya. Tapi teman saya sudah, karena dia beranggapan, itu kan masih
kecil, ayamnya, belum berbentuk.... kadang kami sampai debat...Nah.. bagaimana
pendapat akhi dan ukhti sekalian, tentang cerita saya di atas dan pertanyaan
saya? terima kasih....
Jazakumullah khairan..
Wassalamu'alaikum wrwb.
- Ani -