From: Akhmad Junaedi Siregar <juned_...@yahoo.com>
To: sbi-info@yahoogroups.com
Sent: Thu, August 5, 2010 9:53:46 AM
Subject: Re: [SBI-InFo] Elang : Belenggu yang tak berarti [1 Attachment]

[Attachment(s) from Akhmad Junaedi Siregar included below]
Horas!

Sebelumnya terima kasih Mas Adi atas bantuan identifikasinya. Soal pelepasan
rantai di kakinya terasa sulit untuk mentrappingnya karena belum tahu metode
yang tepat. Apalagi elang ini mempunyai homerange yang mungkin cukup luas. Jika
ada pengalaman menangkap elang bisa disharing Mas.

Terus, Bang Hasri dan Mas Iqbal, roko-rokonya justru lebih diminati. Aku
sendiri
tidak memiliki foto yang memadai (terlampir). Sewaktu pengamatan iseng ini, aku
cukup lebih memerhatikan pecuk yang sedang berbiak dan awalnya tidak berpikir
bakalan berjumpa roko-roko. Kebetulan 1 individu roko-roko terbang waktu itu,
aku penasaran dan menganggap itu pecuk karena warnanya hitam. Tapi paruhnya
ternyata panjang seperti gajahan, dan cara terbangnya pun tidak jauh berbeda
dengan gajahan, aku tahu persis memang jenis gajahan. Kemudian juvenil elang
bondol bermanuver  sehingga 4 rokoroko terbang berputar-putar di sekeliling
tempat berbiaknya beberapa jenis burung residen di lokasi ini. Rokoroko
selanjutnya masuk kembali ke luasan hutan bakau yang bisa dikelilingi ini.
Asumsiku rokoroko berbiak di sini walaupun belum sempat cek sarangnya secara
langsung.

Jika ada waktu, kami akan kembali untuk mengumpulkan data yang lebih akurat,
karena rokoroko akan menjadi list baru di Percut Sei Tuan.

Salam

Junaedi Siregar
http://faflo. blogspot. com/
 http://www.kompasia na.com/junaedi_ siregar