AWW.

Minggu lalu saya sowan pak Aziz di Cianjur. Oleh beliau ditunjukkan
beberapa karakteristik silat Cikalong. Yang membuat saya terbengong
bengong adalah kemiripan antara tenaga dalam Cikalong dengan energi
Ching dari Taichi. Bahkan beberapa teknik persis sama.

Asal TD CKL= dari bumi naik ke tulang punggung, di titik Tachui
mengalir ke tangan. Makanya nama perguruan Cikalong pak Azis adalah
Peguron Pancer Bumi.

Asal ching Taichi juga sama. Jika anda bisa sung (mengakar), titik
chang chiang anda aktif, energi chi dari tantien bawah bisa turun ke
atas kemaluan, mengalir ke titik changchiang, turun ke titik yong
chuan di telapak kaki, membuka pintu energi bumi, dan membuat energi
bumi (ching) naik ke atas badan. Jika kua (bola pinggul) terbuka
energi ini bisa naik ke kepala melalui pinggir badan, turun di titik
paihui ke tantien bawah, dan mampu mengalir ke tulang belakang,
masuk ke tangan melalui titik Tachui. Percis sama.

Teknik dorong juga sama. Demikian juga teknik anti dorong (turun),
teknik ungkit, teknik usik, lingkaran kecil dan lingkaran besar.
Sayang waktu yang tersedia sangat mefet.

Sepanjang jalan pulang saya masih agak tersepona dengan kenyataan
yang baru saja saya alami. Bahkan ketika ternyata di Cawang sisa-
sisa energinya pak Azis membuat urat tangan saya menjadi kaku. Perlu
waktu agak lama sebelum akhirnya seluruh energi blok tersebut bisa
saya keluarkan.

Waktu bicara dengan mas Eko, ada sedikit disebut mengenai silat
pahaman. Bisa mas Eko ceritakan?

Wassalam,

Kusnul Hadi

      -- milis persahabatan & silaturahmi pesilat Indonesia --