From: "Andhika Purbo" <[EMAIL PROTECTED]>

 Menurut saya wajar apabila dunia olahraga kita masih stagnan. Salah satu
penyebabnya (mungkin) adalah kepastian masa depan para olahragawan itu
sendiri. Saya kira sudah banyak kasus yang menimpa para olahragawan kita di
hari tuanya. Tingkat penghargaan pemerintah kepada mereka sangat minim,
sangat berbeda dengan prestasi yang telah mereka persembahkan. Di sini saya
membatasi tulisan saya sampai penghargaan pemerintah terhadap atlet yang
telah mengharum nama daerah maupun INdonesia. Tidak sampai pada peluang2
lain yang dapat diperoleh melalui sponsorship.

 Olahragawan menghabiskan masa muda mereka dengan berlatih. Ada yang
berlatih
semenjak kecil sehingga ada yang meninggalkan bangku sekolah sama sekali.
Mereka fokus berlatih demi prestasi. Di sisi lain, Pemerintah melalui
lembaganya berusaha mencari dana untuk membiayai kegiatan olahraga dengan
cara mengalokasikan dana khusus atau menggaet sponsor. Tapi sepertinya dana
ini hanya dinikmati atlet ketika atlet itu bisa berlatih dan berprestasi.
Istilah saya, tidak ada dana pensiun untuk atlet.

 Sebagai contoh gress, baru tadi pagi saya melihat berita seorang mantan
atlet tolak peluru dan lempar cakram yang sekarang menjadi buruh tani dan
buruh serabutan(bangunan, dll). Prestasinya cukup bagus, tapi tidak dikenal
publik. Ketika melihat berita itu, ingatan saya kembali pada seorang mantan
atlet lari marathon Indonesia keturunan India yang pernah mengharumkan nama
Indonesia yang menjadi gelandangan dan seorang mantan atlet yang sempat
masuk acara "BEdah Rumah" karena rumahnya sangat reyot.

 Petenis putri Indonesia, Wynne Prakusa, memutuskan mundur dari dunia tennis
dan ingin melanjutkan kuliah bisnis di Singapura dengan alasan yang sama.
Dalam setiap PON yang dilaksanakan di INdonesia, biasanya atlet berprestasi
akan "bermigrasi" ke provinsi penyelenggara dengan iming-iming pekerjaan
dari provinsi tersebut.

 Saya kira suatu kewajaran bila olahraga Indonesia tidak berkembang karena
para atlet itu tidak mendapat penghargaan yang memadai di hari tua. Hanya
segelintir atlet yang bisa berpikir ke depan dengan menjadi pelatih,
berbisnis, dll setelah mereka "pensiun." Biasanya uang bonus tidak banyak
dan bila banyak pun tidak akan bertahan lama. Sampai kapan hal ini akan
terjadi?

 Wallahu'alam bishowab

Jembatan Silaturahmi Pesilat Indonesia
http://www.silatindonesia.com (Situs Utama)