From: Bramantyo Prijosusilo <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [silatindonesia] Pitung
To: silatindonesia@yahoogroups.com
Date: Wednesday, April 2, 2008, 4:42 AM

            Jadi orang Sunda ini ada sebelon Nabi Nuh, Kang Yana? Lalu kenapa
di Sunda orang banyak makan lalapan sedangkan di Jawa kagak? Maaf kalo
hubungannya gelap, maklum lagi laper nih.... nyium bau dari dapur sedap pisan
tapi sayang belon mateng...

  Salam hangat,

  Bram

SASTRANEGARA THARYANA <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:

          Sahabat silat,

berbicara BUDAYA URANG SUNDA harus dilihat dari kaca

mata urang sunda yang lebih dalem, banyak sarjana

barat belum mengerti isinya budaya sunda, bahkan yang

mengaku urang sendiri kurang tahu itu sangat prihatin,

jadi banyak sejarah di belokan oleh orang2 barat

sesuai dengan methode kepentingan kelompok tertentu

/politis.

Dalm mitos NGAHUMA puluhan ribu tahun kebelakang urang

sunda peunya budaya ngahuma / berladang, contonya

hingga saat sekarang masih ada yaitu orang sunda asli

dari KANEKES / BADUY. Mereka adalah keturunan2 raja

Pajajaran.

Dalam naskah2 sunda urang kanekes suatu bukti nyata

hingga kini di jaman modern. Bahkan menyembutkan hati2

dengan orang Cina, India , Arab dan Belanda. Bangsa2

tersebut yang suka berniaga bahkan berkuasa sampai

sekarang belum mampu menjamah Kanekes /baduy.

Dalam konsep ngahuma orang sunda bila berladang

menggunakan senjata golok, keris dan kujang TANPA

WARANGKA. Tajamnya senjata di selipkan pada badannya.

Dalam arti lain tajam senjata diibaratkan ruh yang

menyatu dengan raga/badan.

Jadi urang sunda selalu siap tempur dan siaga /

waspada dalam segala pengaruh dari luar.

Dalam mitos ngahuma sikap perjuangan ngahuma sangat

identik dengan kerja keras dalam melawan tantangan

serangan raja hutan/macan, srigala,dedemit, jin

termasuk manusia yang mengganggu teroterialnya.

Juga orang sunda punya jati diri yang sangat patuh

pada karuhunnya / buhunnya. Misal ulah nganggu taneuh

aing bisi dipaehan/ jangan ganggu teuneuh urang sunda

nanti di bunuh ( ini ada dalam naskah2 sunda). Urang

sunda tidak ingin diganggu dan tidak ingin mengganggu.

Dalam asal usul nusantara bangsa kita bukan dari

keturunan Cina, India dan Arab tapi dari kelompok

group masyarakat Polinesia yang sudah ada puluhan ribu

tahun kebelakang. Ini dicuplik dari kaum arkeologis

urang sunda dan diperkuat oleh arkeoligis

barat/inggris dan USA bila ingin melihat salah satu

conto bukunya baca "Eden in the East " The Southeast

Asia , Sunda Land.

Jadi budaya sunda dan kerajaan sunda merupakan manusa

tertua juga di dunia termasuk ULIN SUNDA / MAENPO.

AYA TUJUH KAULINAN URANG SUNDA SOK GEURA TEANGAN

KUDIRI SIA.

Rahayu

Kang Yana

--- O'ong Maryono <[EMAIL PROTECTED] com> wrote:

> Sahabat Silat

> Ada pendapat jika kita menanyakan nama tokoh

> legendaris Si Pitung di daerah Koja Jakarta Utara

> pendekar dan jagoan Tanjung Priok. menurutnya Si

> Pitung adalah pendatang dari Bugis, yang tinggal di

> Marunda yang sekarang rumah si Pitung di jadilkan

> museum.

> Diakuinya Si Pitung orang Betawi tetapi berasal dari

> darah Bugis.

> Orang Bugis sudah aktif berdagang di Sunda kalapa

> sejak didirikan, jiwa Pitung sebagai petualang

> adalah

> [...]

You rock. That's why Blockbuster' s offering you one month of Blockbuster Total
Access, No Cost.

http://tc.deals. yahoo.com/ tc/blockbuster/ text5.com