100 untuk Sahabat Tarkam.

Gado2 adalah karakter budaya betawi, dalam hal ini termasuk budaya silatnya.
Tapi jangan salah, bukan berarti betawi hanya menjadi tempat curahan budaya
nusantara. Ketika budaya dari wilayah lain masuk, sudah ada budaya lokal
setempat, yang kemudian saling bercampur.

Karenanya, usia budaya Maen Pukulan Betawi ini sama tua atau bahkan lebih tua
dr tradisi silat di tempat lain. Maenpo Cianjur umpamanya, jelas mengambil
sumber silat betawi dari Bang Madi, Bang Maruf dan Bang Kari

Jangan lupa, kerajaan pertama di Pulau Jawa, Salaka Nagara, berada di betawi,
tepatnya di Tanjung Priok.

Kirim email ke