'Manusia Kalender' Bikin Ilmuwan Terkagum-kagum
Rita Uli Hutapea - detikcom

    California - Para ilmuwan berdecak kagum melihat
seorang perempuan yang mampu mengingat
peristiwa-peristiwa dan rincian sampai
sekecil-kecilnya. Daya ingat warga AS ini begitu kuat
sehingga mampu mengingat hal sekecil apapun dalam
hidupnya.

    Para ilmuwan California menyatakan bahwa mereka
tidak pernah menemui kasus seperti ini sebelumnya.
Memori perempuan asal California ini sungguh luar
biasa.

    Coba saja sebutkan satu tanggal, maka dia akan
spontan menceritakan apa yang terjadi saat itu. Apakah
itu pemutaran episode terakhir serial TV beken,
Dallas, tanggal jatuhnya pesawat Lockerbie, invasi
Iran ke kedutaan AS, maka dia bisa mengatakan apa saja
yang sedang dilakukannya saat itu. Wuih!

    Kehidupan perempuan berusia 40 tahun ini bagaikan
film yang tiada berakhir, penuh emosi. Perempuan yang
cuma disebut sebagai AJ ini tidak bisa melupakan semua
peristiwa baik ataupun buruk yang pernah terjadi dalam
hidupnya.

    Misalnya ketika diminta untuk menyebutkan setiap
perayaan Paskah sejak tahun 1980 sampai 2003,
perempuan Yahudi ini akan menyebutkan 24 tanggal
perayaan Paskah dengan hanya satu kesalahan saja. Dia
pun bisa menceritakan secara detail apa yang
dilakukannya di masing-masing tanggal itu.

    "6 April 1980, liburan Paskah berakhir; 15 April
1990, bikin kue, S putus dengan saya keesokan hari; 11
April 1993, pergi seharian, makan malam dengan R,"
demikian sebagian detail yang diceritakan AJ.

    Para ilmuwan di University of California Irvine
saat ini masih melakukan riset atas daya ingat AJ yang
luar biasa ini. Demikian seperti diberitakan harian
The Star, Rabu (22/3/2006).

    Kemampuan unik AJ untuk secara sempurna dan
spontan mengingat detail masa lalunya telah mendorong
para periset untuk menemukan nama atas kondisinya:
hyperthymestic syndrome, diambil dari bahasa Yunani,
thymesis yang berarti "mengingat" dan hiper atau
"lebih dari normal." Atau disebut pula sebagai sindrom
memori superior.

    Temuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal
Neurocase. Salah satu periset California, James
McGaugh mengatakan, kasus AJ merupakan kasus pertama
yang pernah didokumentasikan dalam literatur ilmiah.

    McGaugh menduga kalau kelainan AJ itu bisa jadi
disebabkan autisme. Untuk memastikannya, dia akan
melakukan pemindaian otak.

    AJ mengaku mulai merasakan kemampuannya itu pada
1978 saat usianya 12 tahun. Di kalangan
teman-temannya, AJ mendapat julukan "Manusia
Kalender".

    Lantas senangkah AJ dengan keunikan yang
dimilikinya? Tidak! Perempuan ini justru merasa
terbebani. "Sebagian orang menyebut saya manusia
kalender sementara yang lainnya lari ketakutan," keluh
AJ kepada para periset.

    "Kebanyakan orang menyebut ini bakat, tapi saya
menyebutnya beban. Sepanjang hidup saya harus
melewatinya dengan kepala penuh gambaran layaknya
rekaman video, dan itu bikin saya gila!" serunya.(ita)

Peristiwa di atas menurut saya belum seberapa bila
dibandingkan dengan ribuan saudara-saudara kita yang
sanggup menghafal Al-Qur'an 30 juz, ribuan
hadits-hadits Nabi bahkan sampai jalur periwayatannya.
Subhanallah...(jOKO uNTORO)

http://mail.yahoo.com

kirim email ke [EMAIL PROTECTED]

Ingin menerima email dari sma1bks, kirim email ke