Alhamdulillah, saya terharu ternyata pak Mursalin masih hapal pembukaan uud
'45. Kalau dilihat UUD perubahan selama sepuluh tahun terakhir, tebalnya dah
seribu halaman, tebel banget, bisa buat bunuh tikus.

Betul seratus persen pak Mursalin, esensi kemerdekaan adalah kemerdekaan
pribadi, tidak memandang rendah orang lain, suku lain, ras lain, jender lain,
kelompok sosial lain. Bahasa sononya freedom and human rights.

Hanya karena dipaksa jual teh ke Inggris daripada Perancis, revolusi Amrik
berkobar, hingga lahir Independence Day. Hanya karena rebutan tanah warisan,
revolusi Perancis berkobar, sampai kemudian lahir konsep trias politica dan
sebagainya.
Babe-babe kita, karena gak mau kemerdekaan itu dikasih Jepang, mereka
proklamirkan sendiri. Mungkin dulu mereka berpikir, "Apa kata anak cucu
nanti jika kemerdekaan saja kita dikasih?"

Repotnya, sejarah Indonesia tidak mencerminkan persamaan hak itu. Coba saja
lihat yang jadi elit pemerintahan, baik di pusat maupun di daerah, berasal dari
keluarga itu-itu saja, kalangan itu-itu saja, suku itu-itu juga, golongan
itu-itu juga. Tidak ada mobilitas vertikal dan horisontal. Ada sih yang bisa,
satu-dua, tapi kebanyakan mentok.

Kenapa? Karena kita belajar dari moyang-moyang terdahulu. Coba aja liat
sejarah, raja Singasari masih kerabat Kediri, kediri masih kerabat Majapahit.
Sriwijaya juga masih kerabat majapahit (ingat tuh Adityawarman). Jaman kerajaan
Islam, Demak masih saudara Banten, juga masih kerabat Cirebon, bahkan Samudera
Pasai, Aceh. Kerajaan Banjar, Ternate, Tidore, sampai Filipina juga masih
saudara raja Demak. Bukan cuma kerajaan, walisongo juga, kebanyakan masih
sodara. Hebat kan?

Nilai-nilai luhur itu kemudian diteruskan ke anak-cucu, dari perang
kemerdekaan, masa gonjang-ganjing pki, orde baru, dan.....masih ada sisanya
sampe sekarang. Contohnya? Gampang, liat aja sekeliling: bupati anu, ponakannya
jadi camat anu....., pegawai anu kebanyakan asalnya dari suku anu, .......kalau
bukan etnis anu, gajinya pasti beda....
Sorry, bukan bermaksud menyinggung siapa pun, tapi itu realita yang
mengkhawatirkan, yang ironisnya dianggap biasa.

Padahal itu salah satu esensi demokrasi. Setiap orang harus dilihat
kemampuannya, keahliannya, bukan siapa dia, siapa di belakang dia, dia bawa
apa. Kroni dan patron? Boleh saja, tapi tetap ada merit system dong.

Selain itu juga harus ada keberpihakan. Kasian dong mereka yang selama ini
tertindas, diberikan kesempatan yang "sama", dengan mereka yang punya akses ke
segala arah. Ibaratnya satu dikasih bambu runcing, satunya lagi diberi AK-47.
Pasti remuk yang kecil dan terpinggir.

Makanya, esensi kemerdekaan yang kedua, ya keberpihakan pada minoritas, bukan
minoritas jumlah saja, tapi minoritas modal, minoritas akses, minoritas sumber
daya. Seperti yang dilakukan Komarudin dan kawan-kawan sekarang, termasuk
memperjuangkan kemerdekaan, khususnya buat warga Bekasi Utara. Mereka perlu
dong diberi kesempatan mendapatkan akses yang sama untuk sumber daya, modal,
dibanding warga Bekasi lain.

Jadi? Merdeka buat pak Mursalim..

--MAR--