gue inget cerita mertua gw dulu... waktu die kerja di arab jadi tenaga ahli....
bahwa orang sono kalo mobilnya cacat dikit langsung maen kasihin aja ama TKA
(Tenaga Kerja Asing) salah satunya dari negara Indonesia. Itu terjadi kurang
lebih pada tahun 80-90 an... begitu juga pas hari qurban .... hampir semua
orang disana ikutan qurban sehingga dagingnya di kirim ke negara-negara afrika
pake pesawat...
cuma cerita itu masih sama ato ga ama jaman sekarang... gw dah ga ngikutin....

konon mereka (arab) bisa kaya gitu karena tanahnya mengandung minyak bumi (emas
hitam)... kemaren gw iseng2 liat-liat isi Atlas yang dibeli sama anak gue yang
baru berumur nyaris 5 tahun...

gue lumayan kaget pas ngeliat peta telampir (petaMinyak-INA.jpg)...itu peta
kandungan minyak didaerah Indonesia... di rilis tahun 1975... logikanya kalo
kita dah tau dari dulu... harusnya kita punya bargaining power... terhadap
negara asing mana aja... untuk tidak seenaknya mengambil kekayaan itu... yang
sedemikian banyak hampir menyeluruh di semua pulau.... belum kayu dan
lainnya...dengan mengatakan tidak kepada mereka (asing dan bonekanya)...
seharusnya kita kaya seperti orang arab/brunei... dan seharusnya juga ga ada
rakyat indonesia yang miskin....

terlalu bodohkah bangsa indonesia ???? ...  entah lah...!!

atau terlalu lemah kita hingga teroris pun meng-klaim bom jw mariot sebagai
perlawanan terhadap penjarahan kekayaan alam orang-orang muslim di
indonesia.....

apa inikah yang mereka maksudkan???

kita seharusnya kaya... tapi kita dibodohi untuk tidak kaya...

wallahu'alambishowab...

Toby Fittivaldy
Fis2  '94

Kirim email ke