Wa'alaikum salam wr wb,
Berbuat baik kepada ibu bapak kita lebih utama karena
merekalah yang mengasuh dan memelihara kita ketika
keci. Kalau mertua bisa ada istilah mantan/bekas
mertua. Tapi kalau ibu bapak kandung itu tidak
mengenal bekas.

46. Al Ahqaaf
15. Kami perintahkan kepada manusia supaya berbuat
baik kepada dua orang ibu bapaknya, ibunya
mengandungnya dengan susah payah, dan melahirkannya
dengan susah payah (pula). Mengandungnya sampai
menyapihnya adalah tiga puluh bulan...

2. Al Baqarah
215. Mereka bertanya tentang apa yang mereka
nafkahkan. Jawablah: "Apa saja harta yang kamu
nafkahkan hendaklah diberikan kepada ibu-bapak, kaum
kerabat, anak-anak yatim, orang-orang miskin dan
orang-orang yang sedang dalam perjalanan." Dan apa
saja kebaikan yang kamu buat, maka sesungguhnya Allah
Maha Mengetahuinya.

Meski demikian, terhadap mertua juga kita harus hormat
dan menganggap mereka bagai orang tua sendiri (meski
derajadnya tidak sama).

Wassalam

--- afda <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Assalamualaikum
>
> Saya ingin menanyakan apakah derajat orang tua
> kandung dan mertua
> dari laki2 yang sudah menikah itu sama ?
> atau dengan kata lain apakah sama derajat orang tua
> kandung dan mertua
>
> misalnya :
> seorang laki2 yang sudah menikah diperintah oleh
> orang tua kandung laki2 tsb.
> di saat yang sama juga diperintah oleh orang tua
> peremouan (mertua), pada kasus ini
> urgenitasnya sama2 penting.
> kira2 mana yang harus saya dahulukan ?
>
> NB :
> [...]

===
Ingin belajar Islam sesuai Al Qur'an dan Hadits?
Kirim email ke: [EMAIL PROTECTED]

Tonight's top picks. What will you watch tonight? Preview the hottest shows on
Yahoo! TV.
http://tv.yahoo.com/

Kirim email ke