Quoting Romie Djapri <[EMAIL PROTECTED]>:

> Hi rekan-rekan,
>
> Ada tutorial yg bagus untuk LDAP selain dari www.tldp.org?
> Sebenernya saya agak bingung dengan configuration ldap.conf dan slapd.conf?
> Mana sih yang mesti dikonfigurasi? Yang saya baca di howto sih mestinya
> slapd.conf. Kalau slapd.conf, trus apa gunanya ldap.conf ?

slapd.conf setting utk ldap. slapd sebutan utk master ldap, slurpd sebutan utk
slave ldap (biasnya read only).

ldap.conf, kalau utk redhat /etc/ldap.conf itu utk keperluan nss_ldap.
sedangkan kalau di /etc/openldap/ldap.conf utk keperluan ldap client bawaan
paket openldap.

> Kebetulan distro pake Redhat 9. Kalau liat di debian install ldap server
> gampang bener. Tinggal app-get install slapd, trus ada scriptnya untuk
> configure dn,dc,o, dan ou. begitu selesai udah jalan..

konfigurasi dn,dc dsb nya kan tinggal edit aja slapd.conf nya.
lebih fleksibel. yang penting dalam ldap, index jangan dilupakan, kalau nggak
query ke ldap server akan terasa sangat lambat.

berhubung anda pake redhat, yang ini mungkin paling relevan :D
http://www.mandrakesecure.net/en/docs/ldap-auth2.php

Cecep Mahbub