Sulit kah menulis email baru dg tanpa mereply?? Saya perhatikan anda
tiap kali bertanya ke milis pasti selalu merusak threading (thread
barunya nempel di thread yg lama). Padahal sudah dicomplain oleh bbrp
orang berulang kali ttg masalah ini. Mbok ya toleransi sedikit toh.

On 29-12-2003 3:25 PM Hans wrote:
> saya lage coba install tightvnc. saya uda donlod filenya dari tightvnc.com,
> versi Linux source RPM : tightvnc-1.2.9-1.src.rpm. trus saya coba install dg
> perintah :
> rpm -iv tightvnc-1.2.9-1.src.rpm

Option -i untuk src.rpm hanya akan mengcopy file src.rpm tersebut ke
directory SOURCES.

Untuk mendapatkan "binary" rpm anda harus build dulu. Anda bisa build
dari src.rpm tanpa mengcopy src.rpmnya ke SOURCES sbb:

RH 7.x:
rpm --rebuild file.src.rpm

RH 8.x ke atas:
rpmbuild --rebuild file.src.rpm

> tapi kaga bisa. ini errornya :
> error : cannot create %sourcedir /usr/src/redhat/SOURCES

Anda jalanin perintah rpm-nya sebagai user biasa atau root?

Memang yg dianjurkan sih gak pake root utk build rpm. Kalo mau pake user
biasa, anda ubah dulu aja topdirnya ke homedir anda, silakan buat file
~/.rpmmacros dulu isinya:

%_topdir        /home/hans/rpm

lalu anda buat directory /home/hans/rpm itu dan subdirectories BUILD,
SOURCES, SRPMS, RPMS, SPECS di dalamnya, lalu sbg user biasa anda bisa
jalanin perintah rpm --rebuild atau rpmbuild itu, nanti hasilnya ada di
/home/hans/rpm/RPMS/

Ronny