From: Tanya Jawab Linux [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Wednesday, March 31, 2004 10:25 AM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [tanya-jawab] Tip: download via email

Hai milisers,

Saya mau berbagi pengalaman dengan rekan-rekan.
Koneksi internet di sini memakai telkomnet instan.
Di sini lumayan kencang larinya, kalau download email bisa
sampai 4-5 KB/s. Saya sering update virus dat mcafee.
Sayangnya kalau download file dat tsb koneksinya memang
ndak sekencang kalau saya download dr situsnya telkom.
Saya berpikir kalau filenya bisa dikirimkan via email
telkomnet tentu lebih enak dong, lantas bagaimana caranya ?

Saya ada shell account yg untunglah mempunyai util mail dan wget.
That's all yg saya butuhkan. Pertama saya download virus dat
pakai wget:

  $ wget http://situs.download.virus.dat/dat_latest.exe

Wuih, lumayan juga speednya, bisa 300 KB/s, yah itu karena shell
accountnya terletak di link internasional, otomatis bandwithnya
kenceng. Setelah itu apa yg saya lakukan, apakah bisa langsung
kirim via util mail ? Tentu saja tidak, file tsb adalah binary
jadi harus di-encode dulu agar bisa ditransfer via protokol smtp.

  $ uuencode uuencode -m dat_latest.exe dat_latest.exe > foo

Untuk mengetahui arti perintah di atas silahkan man uuencode :-)

Baru setelah itu dikirim via mail.

  $ mail -s "dat_latest.exe"  [EMAIL PROTECTED] < foo

Tunggu barang 5 atau 10 menit.

Voila, sampai sudah.

Salam

~yudi

NB: Untuk efisiensi, bisa di-split filenya.
    Pengalaman saya, lebih cepat download file via email yg dipecah-
    pecah menjadi beberapa bagian daripada download utuh.