Quoting [EMAIL PROTECTED]:

> dear expert.
>
> router memakai freeBSD, gambaran jaringan spt ini :
>

>    __172.17.10.254|#####|10.10.10.14
>    |            Router1            |
>    |                               |
>   ---                              |
> 172.17.10.253                      |
> nameServer                         |__10.10.10.3|#####|10.13.2.254___
>                                                 Router2              |
>                                    -10.18.10.254|#####|10.13.2.237----
>                                    |            Router 3
>                                ----------------
>                               | Client Router 3 |
>
> permasalahannya adalah :

> [...]

dari 172.17.10.253 bisa ngeping ke 172.17.10.254 (dan sebaliknya)?

dari 172.17.10.253 bisa ngeping ke 172.17.10.237 (dan sebaliknya)?
kayaknya nggak bisa (menurut data diatas)

pertanyaan saya sebetulnya simple, cuman memastikan apakah dari nameserver anda
bisa mencapai network 172.17.10.0/24 (kalau perkiraan saya benar masking di
24bit)

LALU

dari Client Router 3 bisa ngeping ke 10.10.10.3? 10.10.10.14?
sama tujuannya utk memastikan apakah client di router 3, bisa mencapai network
10.10.10.3 (dan jg sebaliknya)

INTINYA

pastikan koneksi antar networknya apakah memang berjalan lancar, setelah itu
anda bisa cek apakah paket yang menuju nameserver tsb terkena filter firewall
apa tidak.

ps: pertanyaan diatas hanya sekedar contoh, anda bisa menggunakan utility lain,
misalnya traceroute, telnet dsb

Cecep