On Sun, Nov 21, 2004 at 07:47:02PM -0800, Hendry wrote:
> Saya ingin tanya bagaimana cara install mandrake 10.1 official di
> laptop fujitsu N5000 Setiap kali saya boot dr cd.. proses berjalan
> biasa sampai ada error seperti: "hda interrupt" ini berlangsung lama
> ..

Akan sangat membantu kalo error message itu dituliskan verbatim apa
adanya persis dan tidak di parafrase. Biasanya saya paste apa adanya
ke google, dan seringnya dapat petunjuk. Saya tau kalo messages waktu
boot mungkin repot gak bisa copy+paste, mesti ditulis tangan.

> Yang ingin saya tanya bagaimana cara mengatasi problem ini?

Ada kemungkinan setting kernelnya (si mandrake) defaultnya agak
agresif, jadi bisa tidak jalan kalo di hardware yg agak tidak umum.
Biasanya mesti dikasih parameter utk membuat kernelnya jadi mendisable
option2 yg agresif tsb (dg sedikit trade off waktu install, misalnya
mungkin speed), seperti ACPI, APM, (L)APIC. Contohnya installernya
suse (9.1) saya tau ada memberi option "Safe Settings" utk install, yg
sebetulnya memberikan parameters utk boot kernelnya, silakan coba
option2 ini mungkin membantu:

        ide=nodma apm=off acpi=off noapic nolapic

Saya gak pernah pegang mandrake jadi gak tau gimana passing boot param
ini waktu install, biasanya tinggal ketik nama kernelnya, misalnya
"linux" lalu spasi dan diikuti boot param yg mau dipassing.

Ronny