On Fri, 11 Feb 2005 08:49:25 +0700, [EMAIL PROTECTED]
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Trims Mas Andika.
>
> Saya jadi tertarik untuk yang MX backup. Apakah sama yang di terapkan di
> Yahoo mail? Misalnya salah satu mail servernya down
> langsuk di take over oleh server mail yang lain.
>
> Bagai mana konfigurasinya?
> Saya menggunakan qmail+vmailmgrd.
>
> Thx.

1. jangan top-posting
2. dig yahoo.com mx
;; ANSWER SECTION:
yahoo.com.              7200    IN      MX      1 mx1.mail.yahoo.com.
yahoo.com.              7200    IN      MX      1 mx2.mail.yahoo.com.
yahoo.com.              7200    IN      MX      1 mx3.mail.yahoo.com.
yahoo.com.              7200    IN      MX      5 mx4.mail.yahoo.com.

Jadi:
# setting mulai dari DNS
# buat beberapa entri MX untuk domain yang bersangkutan
# beri bobot paling rendah untuk mail server utama
  -> bobot yang lebih besar untuk mail server backup
  (bobot yang lebih rendah akan 'more preferred',
  artinya, MTA pengirim akan mencoba menghubungi MX
  dengan bobot rendah duluan)
# set mesin MX backup untuk bisa menerima mail bagi domain ybs
# set mesin MX backup untuk beroperasi sebagai backup
  (detil setup bagi qmail saya gak/belum tau)
# coba kirim email ke domain ybs *langsung ke mesin backup*
# cek apakah diteruskan ke mesin utama, dan bisa diterima
  oleh tujuan akhir.

ps: sebaiknya MX backup diletakkan pada segmen yang berbeda
    dengan MX utama

-- andika