On Fri, 15 Apr 2005 12:13:44 +0700
achya arifudin <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> rekan milis yth,
> Saya membangun server proxy squid untuk membagi-bagi akses internet dan
> squidGuard untuk membatasi akses client agar tidak membuka aneh-aneh.
> Kantor kami adalah lembaga pendidikan yang tentu saja hanya akses yang
> sesuai norma saja yang diperbolehkan. Saat ini jaringan lancar dan
> client dapat akses internet dengan pembatasan. Pertanyaan saya adalah
> - haruskan saya memasang firewall misalnya shorewall
> - bila dipasang shorewall apakah tidak bentrok dengan NAT yang sudah

shorewall pun berbasis iptables (CMIIW), jika anda mengerti prinsip firewall,
anda cukup menggunakan iptables. selain tabel NAT, anda bisa menggunakan DROP
ataupun REJECT untuk mengamankan jalur anda. ditambah menutup port2 yang tidak
diperlukan dan membuka port yang hanya dibutuhkan.

> kami pasang dan apakah tidak bentrok dengan squidGuard yang kami pasang.
> Mohon maaf kalau pengetahuanku cethek sekali.
> Terima kasih

squidguard berbasiskan pada squid. saya rasa itu sudah cukup atau jika kurang,
http://www.cecea.org/jojo/cleanweb/ bisa menjadi rujukan.

mohon koreksinya.