iyah memang perlu, tapi tidak terlalu repot
taruh saja file proxy auto confignya di web server, tiap client di set
untuk baca file itu.
jadi sama saja, kalo dulu anda set di client proxy nya di mana (ie.
http://192.168.0.40:3128) , sekarang anda set file config auto
proxynya di mana (ie. http://192.168.0.12/proxyautoconfig/main.pac).

kalau mo tambah proxy, edit file beres
kalau ada url yang ingin di block atau url yang ingin langsung direct
bypass proxy, edit file lagi beres (saya pernah menemui beberapa site
yang agak ngga beres kalau lewat proxy dan url url di LAN juga ngga
perlu lewat proxy)

> Sepertinya menggunakan Automatic proxy configuration, dibuat pake js.
> Mungkin kendala yang akan dihadapi adalah apabila ingin diterapkan
> transparant proxy.

penanya bilang squid nya tidak transparan