Pada hari Kamis, 09 Juni 2005 13:42, Mpu Gondrong menulis:
> Dulu saya sempat bergelut lama dgn virus2 DOS, tapi apa lantas dgn itu
> saya bisa berpendapat Microsoft sengaja membuat DOS berlubang2 agar
> virus2 dapat berkembang biak? Dari jaman kuda gigit besi, bukankah
> logika prg itu2 saja? Apalagi orientasi prgnya di situ2 juga.

Aneh yah....
Aku juga heran, kenapa lubang keamanan di DOS tidak di-patch di versi
berikutnya.
Sejak jaman DOS 3.3 sampai 6.22 (naik sekian versi), virus yang itu itu juga
masih menyerang bukan?

Hanya dua kemungkinan:
* Disengaja
* Bill Gates begitu bodoh sampai tidak pernah tahu kalau ada virus menyerang
OS buatannya.

Feeling saya, Bill Gates tidak bodoh. Dia tentu tahu kalau virus itu ada.
Benar-benar ada. It is real.

> Yg saya tahu Microsoft telah berusaha (bahkan terkenal) dgn
> mengeluarkan Service Pack. Harganya terlalu mahal saya kira kalo
> membiarkan lubang2 tsb, apalagi sengaja membuatnya. Kita tahu
> kemudahan dan fasilitas berbanding terbalik dgn sisi keamanan.

Benar, tidak ada alasan untuk tidak mem-patch produk microsoft dengan service
pack yang diberikan secara gratis.

Tapi, aku udah coba beberapa service pack, tapi tetap aja tembus virus yang
itu itu juga :-(

Contoh: MS Office 97-ku udah di-patch pake MS Office SR-1 dan SR-2, tetap kena
virus yang itu itu juga. Aku masih ingat waktu begadang bikin ngurusin virus
toraja, virus dosenku-jelek, dll. Udah lihat source-code-nya? Ternyata
mirip-mirip juga, heheheh.....

Oh ya, sampai terakhir aku pakai Windows NT, Microsoft tidak berhasil membuat
patch agar sistem operasi tersebut bisa mengenali filesystem buatannya
sendiri, yaitu FAT-32.

--
Salam,

Adi Nugroho
PT. iNterNUX -- Internet Service Provider
Jalan Dr. Sam Ratulangi No. 53-J Makassar
Tlp. +62-411-834690 - Fax. +62-411-834691