--- Didi Sukmawardy <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Hallo,
>
> Saya install dua OS, WinXP Pro dan RedHat 9.0.
> Hari ini PC saya bermasalah, gak bisa load
> kedua-duanya.
> Errornya:
>
> GRUB version 0.93 (639K lower / 1290024K upper
> memory)
>
> [Minimal BASH-like line editing is supported. For
> first word, TAB lists
> possible command ..........]
>
> grub>
>
> Mohon bantuannya, maklum linux pemula ...
>
> thanks,

Komputer anda tidak error tapi anda belum memasukkan
pilihan booting untuk windows atau untuk linux,
mungkin pas instalasi anda tidak mengkonfigurasi
bootloader sehingga yang ditampilkan adalah command
line pada grub.

nah untuk mengatasi ini, pada command line tersebut
kamu masukkan
dulu

"root (hdi,j)<enter>"

ket:
i=nomor hard disk kamu jika
primary master maka i=a
primary slave maka i=b
secondary master maka i=c
secondary slave maka i=d

j=partisi "/boot" linux anda
dimulai dari 0(C banget gitu loch) tapi jika anda
tidak membuat partisi boot sendiri maka yang digunakan
adalah partisi "/"
jadi jika partisi "/boot" atatu "/" linux anda pada
partisi kedua di primary master maka masukkan
"root(hd0,1)"

setelah itu masukkan perintah
"kernel /boot/vmlinuz<tab>"
tab untuk melihat vmlinuz mana saja yang ada pada
sistem anda, biasanya perintah tersebut langsung
autocomplete jadi misal command lengkapnya
"/boot/vmlinuz-2.6.6XXXX"
nah perintah di atas berlaku jika anda tidak memiliki
partisi boot yang terpisah dari partisi "/" anda jika
partisi "/boot" anda terpisah maka hilangkan "/boot"
dari perintah di atas

setelah itu masukkan perintah
"initrd /boot/initrd<tab>"
dan selanjutnya sama dengan perintah kernel di atas

setelah ini anda ketikkan "boot"
mudah-mudahan linux anda sudah bisa booting. Supaya
anda tidak perlu memasukkan command command aneh lagi
kalau ingin masuk ke linux maka buka konsol lalu
masukkan perintah "grub-install /dev/hda" tergantung
linux anda ada di hd mana. Itu tadi solusi panjangnya
kalau mau yang pendek gunakan cd rescue distro anda
setelah ada command line ketikkkan "chroot
/mnt/sysimage" lalu "grub-install /dev/hda" saya baru
mencobanya di versi Fedora kalau yang lain belum tahu