On Thu, Sep 22, 2005 at 02:33:28PM +0700, Josua M Sinambela wrote:
> Setting IPnya pake ifconfig

Ini manual banget caranya, nggak salah sih, bisa juga, cuma ya kalo
menurut hemat saya ini malah susah yg gak perlu. Kalo saya sih lebih
menyarankan mengikuti prosedur yg sudah dianjurkan oleh distronya.
Distro2 yg besar2 rata2 punya cara yg gampang utk setting network
parameters seperti IP address, malah banyak yg udah ada GUI toolnya
utk itu, minimal ada scriptnya.

Coba cari di dokumentasi distronya dulu. Ini hal yg umum sekali,
hampir semua org pasti punya pertanyaan yg sama, tidak mungkin kalo
tidak ada di dokumentasinya.

Keuntungannya kalo mengikuti cara distro ya lebih mudah drpd bikin
sendiri, hemat waktu dan tenaga, code yg bawaan distronya dilihat dan
diaudit oleh lebih banyak org dibanding script bikinan sendiri, dan
akan lebih mudah mencari support kalo ada masalah. Kerugiannya, anda
gak akan lihat cara kerjanya kecuali anda buka2 scriptnya.

Ronny