halo mas yudi,

----- Original Message ----- From: "Arief Yudhawarman" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Thursday, September 22, 2005 3:22 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] BW shapping dengan CBQ untuk VoIP dan Internet?
Oya, saya biasa shape bandwidth pakai htb dan menggunakan tc command.

anda langsung pake tc command atau generate pake tcng? sedang htb nya, pake htb.init atau dipatch ke iproute2?

Saya buat class2 trafik bw untuk lokal (web server, ssh) dan untuk
internet. Pertama-tama buat classnya kemudian filternya, pembuatan filter
dimulai dr trafik yg berasal dr server lokal dahulu setelah itu baru
trafik internet. Saya dulu juga pernah coba install bridge+shaper
pakai htb dan berjalan baik, satu client linux dpt rate 32kbps dan
satu local area network dpt rate 96 kbps.

thanks atas clue nya.
Geta