> Teman-teman semua,
> selama ini ditptku memakai 1 koneksi internet, utk
> menjalankan  proxy internet dalam satu network. ada
> rencana menambah 1 koneksi lagi dari isp lain.
> jika ini di implementasikan :
>
> 1. secara teori dn praktek bisa tidak jumlah bandwith
> saya menjadi bertambah(isp1=128kbps +isp2=128kbps =
> 256kbps)?

--- ini sampe skr saya belum ngerti setting nya menggunakan linux, kemarin
itu pernah nyobain satu box yang bisa load balancing seperti itu & bisa di
set persentase trafik nya melalui interface, mis: int 0 traffic nya 30%
sedang int 1 70% padahal box tersebut isi nya juga linux ;-> kalau
menggunakan router cisco bisa. mungkin rekan-rekan yang lain bisa sharing
??

> 2. misal diset gini dlm 1 linux box:
> etho : ip dr isp 1
> eth1 : ip dr isp 2
> eth2 : ip local lan1 192.168.0.x
> eth3 : ip local lan2 10.0.0.x
> jika saya mau menggabungkan keduanya dalam 1 box apa
> saja yg perlu disetting dalam linuxnya dan jika isp2
> down bisa berpindah langsung ke isp 1 berlaku utk
> kedua ip berbeda kelas diatas ?

--- kalo kasus ini beda sama seperti di atas, serupa tapi tak sama ;->
dulu di milis ini udah byk kok yang nge bahas soal ini, mungkin baik nya
anda mencari dulu di arsip milis ini. inti nya (harus sedikit mengerti
pemograman dan routing protocol) anda bisa membuat sebuah skrip sederhana
untuk mempertahankan koneksi, kalo koneksi gagal maka jalankan interface
yang satu lagi.

> tolong yah, saya buta sama sekali ini maklum lulusan
> sastra bahasa, ndak ngerti ruting yg senang linux...

--- coba pelajari tentang bacaan advance routing, bisa di baca di
tldp.org. untuk kasus kedua lebih mudah dengan iproute. maaf tidak bisa
membantu banyak karena saya juga buta dan haus -_-

Regards,

./avd

PS : Naruto 153 udah kluar eng. subtitle =p happy naruto days.