tadi subuh, saya bangun pagi dan ngecek status server.
tapi, kok smtp-nya tiba2 mati...??%$#%
saya periksa "ps ax" tapi svscanboot ga jalan...
padahal ga ada yang utak-atik server selain saya..
server udah jalan sejak 1 tahun yang lalu dan tidak pernah ada masalah
seperti ini.
saya sudah coba periksa log-nya, tapi ga ada info apapun soal matinya smtp
server saya.
trus, semua log user saya periksa, takut kalo ternyata udah disusupi, tapi
ga ada hasil apapun.

sebagai informasi, saya menggunakan qmail sebagai MTA dan instalasi
menggunakan style mas Asfihani ([EMAIL PROTECTED]).

akhirnya sekarang saya manual kalo jalanin mail servernya.
# supervise /var/qmail/supervise/qmail-send &
# supervise /var/qmail/supervise/qmail-smtpd &
# supervise /var/qmail/supervise/qmail-pop3d &
# svc -u /service/qmail-send
# svc -u /service/qmail-smtpd
# svc -u /service/qmail-pop3d
# touch /var/lock/subsys/qmail

saya sudah coba re-install daemontools. tapi ga ada hasilnya.
dan saat ini saya tidak begitu khawatir qmail-nya ga bisa jalan otomatis
pake inittab karena smtpnya bisa dijalanin secara manual.

pertanyaan neeh...:) :
1. apakah daemontools versi 0.76 bermasalah?
2. ada yang pernah ngalamin ini??
3. bantuin analisa pliss...:)

makasih temen2...

salam,