Rony wrote:
> udah tau jawaban nya...
> simscan lebih ringan karena base on C , beda dengan qmailscanner dengan perl
> tapi untuk feature lebih bagus QmailScanner dan lebih banyak mendukung AV

Selain lebih ringan karena pake C, simscan menurut saya juga lebih bagus
karena bisa menggunakan clamav-daemon sebagai virus scanner. Komunikasi
antara simscan dan clamav dilakukan lewat network, tidak seperti
qmailscanner yang mengeksekusi program clamav. Selain itu penggunaan
spamassassin juga bisa menggunakan network, sehingga tidak harus
mengeksekusi program spamc yang ujung2nya juga penghematan sumber daya
komputer.

Pengamatan sederhana saya dulu sih kira2 begitu. Detilnya sih saya juga
belum pernah mbandingin secara serius :D Mungkin teman2 ada yang pernah
benchmark? :)

--
Kamas Muhammad