----- Original Message -----
From: "Fajar Priyanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <tanya-jawab@linux.or.id>
Sent: Tuesday, March 21, 2006 4:54 PM
Subject: Re: [tanya-jawab] debian sarge : gimana meng-otomatisasi instalasi
aptitude ?

> Saya kurang tahu kalo syntax di debian, tapi kalo di FC bisa pakai yum:
> yum install a b c d e f g <-- tinggal kemudian kita save aja command ini
di
> text file. Ntar dijalanin dari terminal.
>
> Mestinya di debian bisa juga deh.
>
> --

Di Debian pake "apt"

Daftarkan semua CD debian (untuk Debian 3.1 r1 ada 14 CD + 2 CD update) ke
dalam /etc/apt/sources.list.
Cukup memasukkan CDnya ke drive kemudian jalankan "apt-cdrom", lakukan hal
tsb untuk semua CD yang ada.

Setelah itu, jalankan "apt-get update" untuk mendapatkan list aplikasi yang
tersedia.

mencari paket : apt-cache search "kata_kunci"
install : apt-get install nama_paket
uninstall : apt-get remove nama_paket
melihat paket terinstall : dpkg -l
melihat detail paket terinstall : dpkg -L nama_paket

semoga membantu,

IWY