ini ada yang reply versi japri,
cuman biar nyambung ama yang lain, gue replynya lewat jalur umum ya!

AFAIK RHEL (Red Hat Enterprise Linux), as a product, is free as free as free
beers.
yang nggak free, Supportnya Red Hat yang diberikan via Red Hat Network (RHN).

ini hasil interpretasi gue setelah membaca EULAnya bolak balik, atas bawah,
bawah atas, kiri kanan, kanan kiri :D

knapa Red Hat berani melakukan hal seperti ini?
soalnya, di enterprise world, produk baik saja tidak cukup.
yang jauh lebih penting justru ada support, (ada orang yang disalahin :P ),
waktu suatu produk bermasalah.

mau contoh lain?
dari segi spek, mungkin saja komputer jangkrik, ech, rakitan jauh lebih bagus
ketimbang komputer branded, sehingga kinerjanya jadi lebih bagus.
tp tetep aja corporate lebih milih komputer branded, karena komputer branded
disertai support, bukan hanya garansi toko.

btw spertinya Infolinux dah pernah bahas ini dech....
pada pembahasan tersebut disebutkan bahwa mereka dah contact ke Red Hat,
dan Red Hat bilang kalo RHEL boleh dicopy dan hasil copy-an tersebut adalah
legal.
mungkin ada redaksi Infolinux yang bisa komentar hal ini.

--
Just me,

Ian