++ "proteksi hanya IP tertentu saja yg bisa akses"
pendekatan saya hanya IP atau range IP address tertentu saja yg saya
daftarkan yg bisa akses, bukan sebaliknya.
memang betul mas, dgn userid dan password sebenarnya sudah cukup membatasi,
tapi saya merasa kurang untuk beberapa aplikasi yg memang sifatnya tertutup
dan kritikal sekali.
untuk hal seperti ini he he ... set paranoid mode=On
kalau menurut saya tetap ada kelemahannya, misalnya IP yang boleh adalah 192.168.2.1 ( punyanya hamid) dan IP 192.168.2.2 ( punyanya anton) tidak boleh akses, kalau komputer dengan IP 192.168.2.1 lagi off dan anton dengan IP 192.168.2.2 mengganti IP menjadi 192.168.2.1, bukankah si anton ini tetep bisa akses. kecuali kalau emang user tidak bisa ganti IP sendiri atau tidak tahu cara ganti IP. atau kecuali jika anda set di iptables dengan filter mac address, tapi saya pun tak tahu gimana caranya :) ,cuman pernah lihat aja di milis ini.

semoga membantu,
Bambang