On Fri, Nov 10, 2006 at 10:47:33PM +0700, nokideen wrote:
> Saya ingin membangun web server A dan Web server B, dimana web server B
> adalah backup bila web server A mati.
>
> Misal A (ip 192.168.1.1) dan B (ip 192.168.1.2),
>
> misal domain webserver adalah transaksi.abc.com, normalnya resolve ke
> 192.168.1.1
>
> bagaimana caranya membuat dns server resolve ke B (192.168.1.2) apabila
> A mati (jaringan putus atau komputer dalam keadaan mati), dan untuk
> waktu seterusnya resolve ke B.

Umumnya pake heartbeat (lihat di http://www.linux-ha.org/). Atau VRRP
juga mungkin bisa. Dua2nya rada mirip, pake virtual IP, jadi untuk dua
server ada tiga IP, satu yg virtual.

Ini baiknya dilakukan independent dan transparan dr services yg udah
ada, jadi web server dan dns server tidak perlu tau kalo ada
heartbeat. Heartbeatnya juga tidak perlu tau yg dijaga itu service
apa, web kek, database kek, terserah.

Alternative lainnya lagi: pound
http://www.debian-administration.org/articles/249 dan perlbal
http://danga.com/perlbal/