BaCy wrote:

> untuk lebih universalnya sih, seharusnya menggunakan back end ldap.
> karena tidak semua aplikasi yang ada dapat menggunakan mysql sebagai
> back-end. sedangkan untuk ldap sendiri, hampir menjadi standar
>
> bisa saja sih anda menggabungkan fitur-fitur dari setiap aplikasi itu,
> forum, blog, dll. tapi kayanya bakalan butuh effort besar.
>
> kenapa tidak mencari aplikasi yang sudah built in semua dalam satu
> paket. Seperti drupal misalnya.

Halo milis, ikutan nimbrung ya...

Menurut saya, backend untuk autentikasi bisa apa aja... LDAP, DB
(MySQL,PostgeSQL,Oracle dll), atau pun plain text.

Yang penting dibuatkan API (Application Programming Interface) utk
keperluan engine spt phpBB, drupal, CMS lainnya agar dapat menggunakan
fasilitas autentikasinya.

phpBB/drupal/CMS buatan sendiri <--------> API <--------> Backend

CMIIW...

Regards,