dodo wrote:
> Hi all,
>
> Mau tanya apakah bisa (Qmail+Vpopmail) datanya dipisah dimesin yang
> berbeda ?

Rasanya kok tidak bisa ya. Yang bisa dilakukan (sejauh pengetahuan saya)
adalah memisahkan data emailnya pake NFS.

Soal redundansi/load balancing, seperti yang sudah disebutkan
kawan-kawan yang lain, bisa menggunakan linux-ha atau LVS.

Solusi yang cukup ngawur yang pernah saya lakukan dulu adalah instalasi
beberapa qmail dan vpopmail dengan menggunakan RR-DNS. Langkah ini tidak
begitu "beres", karena mana yang diakses ya ngikut apa kata server DNS.
Kalo server DNSnya ngaco ya.... relakan saja semua yang terjadi. Namun
demikian pada kasus saya dulu berjalan lancar.

Sekarang saya pake postfix (1 mesin, gede :D), tapi storagenya tetap
terpisah jadi kalau mau nambah/ngganti server tidak sesusah kalau data
emailnya jadi satu juga dengan SMTPnya.

> Maunya sih kalo bisa yang share storage, jadi 2 mail server jalan
> bareng. Kalo 1 mati yang laen masih jalan. Nah kalo Storagenya yg mati
> gimana ya ? ... apakah harus pake SAN.
> Ada solusi murah meriah ???

http://www.drbd.org/, RAID-1 berjalan di atas TCP/IP. Kemudian
masing-masing servernya dibungkus pake linux-ha lagi. Kalau satu mesin
mati, layanan NFS masih bisa dilayani oleh mesin yang satunya
(harapannya sih gitu). Saya tidak tahu ini murah meriah atau tidak, yang
jelas tidak perlu beli SAN. Kalau memungkinkan, mending diusahakan untuk
dianggarkan beli SAN :)