muhammad panji wrote:

> Terima kasih mas. lega rasanya tidak ada yang terlewatkan?
> berarti tidak bisa digunakan keduanya ya? kalau misalnya saya mbuka
> yahoo dilewatkan ke rute pertama, berarti tanpa memperdulikan seberapa
> sibuk rute pertama ketika saya membuka yahoo akan dilewatkan rute

Kalau tujuannya hanya 1 IP, ya. Mekanisme ini tidak begitu berguna. Tapi
kalau IPnya banyak (terlepas dari apakah itu 1 domain atau tidak), ya
masih tetap berguna. Dan memang, sebesar apa pun penggunaan sebuah link,
kalau di route cache masih ada, ya tetap link itu yang dipakai.

Balancing dengan metode seperti ini manfaatnya bisa lebih dirasakan
ketika jaringan anda digunakan oleh banyak orang yang membuka banyak web
yang berbeda.

> pertama? kalau dipaksa misal untuk IIX lewat rute dua dan
> internasional lewat rute pertama bisa ndak ya?

Emm... kalau mau agak susah sih bisa. Pake static route. Daftar IP yang
ada di IIX dipaksa pake nexthop IP_Link_B, kemudian sisanya (default
route) pake IP_Link_A.

--
Kamas Muhammad