muhammad panji wrote:
> Matur nuwun mas kamas, saya praktekkan

Bagaimana pun, itu belum tentu cocok untuk mengetahui netmask yang
"sebenarnya". Netmask yang muncul di situ adalah netmask yang
"diumumkan" oleh sebuah AS ke internet.

Saya nyaris yakin bahwa di balik router yang mengekspor prefix tersebut,
masih banyak router lain yang memecah jaringan besar itu menjadi
subnet-subnet yang lebih kecil.

Kalau tujuannya adalah untuk pembedaan routing seperti yang Pak Panji
sebutkan sebelumnya, saya rasa itu saja sudah cukup walau mungkin tidak
memberikan informasi netmask yang "sebenarnya". Toh semua provider anda
juga akan melihat jaringan itu seperti yang tampak pada route-server itu :)

NB: Kata "sebenarnya" di sini saya artikan sebagai netmask yang diset
oleh admin pada komputernya.

--
Kamas Muhammad