Salam kenal,

Saya baru mengunakan Linux sejak 1 Januari 2008 (sengaja biar mudah ngitungnya ^_^) meski sebenarnya sudah lama mempelajari namun baru sekarang kesampaian. Sejauh ini semua cerita yang pernah saya dengar [/baca] tentang Linux benar, grafis KDE lumayan halus meski agak berat untuk PIII dengan RAM 128 (terutama waktu loading aplikasi) entahlah kalau Gnome karena saya belum tahu cara ngaksesnya ;-(

Ada beberapa hal yang ingin saya konsultasikan:

[Kondisi: 1] Add/Remove Software minta network
Waktu nginstal kemarin, akibat kekurangan memori (minimal 192MB) Anaconda menggunakan mode teks sehingga agak kurang nyaman terutama pada tahap pemilihan aplikasi sehingga saya gunakan saja pilihan standar ditambah beberapa yang sudah saya kenal seperti FireFox, ThunderBird, OpenOffice.org dan GIMP. Nah! Pas udah selesai ternyata tidak ada WinE, saya butuh ini untuk menjalankan PortableApps (barusan di cek lagi OOoDrawing dan inkScape juga gak ada)

Kemudian saya coba "Add/Remove Software" ternyata harus terhubung ke jaringan sementara saya hanya menggunakannya untuk dirumah (dikamar lebih tepatnya, kostan kalau mau lebih spesifik) sehingga masuk akal jika saya katakan tidak ada (dan tidak akan ada jaringan) setidaknya dalam waktu dekat ini T_T

[Pertanyaan: 1] Apakah memang musti punya Network untuk mengganti aplikasi sementara kita punya disk installernya? Adakah cara lain, karena yang ini tidak akan mungkin kecuali saya ngangkut CPU ke warnet (ntar malah di bilang gila, atau lebih buruk lagi, linux bikin orang gila) bagaimanapun gonta-ganti program sudah jadi hobi sejak masih pake Ms Windows dulu (kayak udah lama aja "_" lha iyalah Windows-nya di format 31 Des 2007 itukan sudah setahun lalu) rasanya belum puas kalau belum nyoba semua yang ada.

[Catatan:] Sejujurnya, saya lupa aplikasi tersebut memang saya masukkan pada saat instalasi atau tidak karena sempat diulang beberapa kali: 4 kali mati lampu dan 2 kali karena salah konfigurasi... hampir membuat putus asa, maklum nekad nginstal sendiri padahal belum pernah nyoba.

[Kondisi: 2] File multimedia tidak didukung
Fedora ternyata tidak mendukung format MP3 karena masalah paten (katanya) tidak ada masalah karena saya sudah kenal dan sering juga memakai OGG, tapi film juga banyak yang tidak bisa diputar #_# itu baru masalah.

[Pertanyaan: 2] Format apa yang digunakan di Linux untuk file video seperti FLV, DAT, MPEG, AVI dll? Maaf, sekalian aplikasi untuk mengkonversinya apa (video juga audio) soalnya gak lucu kalau tiap dapat koleksi baru musti nyari komputer yang pakai MsWindows dulu... apa kata dunia.

[Kondisi: 3] Konfigurasi meragukan
Saya kebetulan pengelola data-data organisasi yang berharap dengan menggunakan Linux data-data tersebut menjadi lebih aman, formatnya terdiri dari HTML, PDF, JPEG, PNG, CSV, ODT, ODS dan PPT (saya belum berani mengkonversi jadi ODP)

[Pertanyaan: 3] Amankah untuk berpindah antar distro Linux nantinya?
Maksud saya adalah dalam hal partitioning, soalnya dulu pernah baca masalah memformat tanpa kehilangan /home tapi itu tergantung pengaturan saat instalasi awal (begitu kira-kira). File "install.log", "anaconda_ks.cfg" dll serta snapshot desktop saya sertakan di attachment... mungkin ini terlalu paranoid tapi data-data tersebut terlalu berharga (terakhir dihitung sekitar 65.000 berkas, lumayan banyak jika harus hunting lagi) harap maklum.

[Pertanyaan: 4] KPLI Bengkulu sudah ada belum?
Ya, saya di Bengkulu sekarang ini... jika ada tolong informasi kontaknya ^_^ Sehingga saya tidak perlu menyebar pertanyaan (yang mungkin sepele) ini kepada segenap penghuni milis.
<<< END

Itu aja dulu, takut dikira nyinyir kalau nanya lagi. Tanggapannya di tunggu baik dalam bentuk jawaban maupun link ke referensi (Indonesia atau English juga gapapa) tapi tolong jangan (sekali lagi, dimohon jangan) berupa anjuran untuk kembali menggunakan MsWindows, 7 tahun udah terlalu lama untuk hidup illegal. Akhir kata, sekali lagi salam kenal dan terima kasih atas bantuannya.